Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang 25 Contoh Soal PCK (Pedagogical Content Knowledge) PPG Tahun 2023 dan Jawabannya.
Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh guru tentang bagaimana mengajarkan suatu materi pelajaran.
Pengetahuan ini mencakup pemahaman guru tentang materi pelajaran, bagaimana materi pelajaran itu dapat dipelajari oleh siswa, dan bagaimana materi pelajaran itu dapat diajarkan secara efektif.
PCK merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG), peserta didik akan diuji kemampuan PCK-nya.
Baca Juga: Dandim 0418/PLG Buka LTPIM, Wasbang dan Bela Negara Mahasiswa FKIP Unsri
Berikut ini adalah 25 contoh soal PCK (Pedagogical Content Knowledge) PPG tahun 2023 beserta jawabannya:
Soal 1
Pada saat pembelajaran matematika, guru memberikan soal-soal yang bersifat terbuka kepada peserta didik. Tujuan guru memberikan soal-soal tersebut adalah untuk...
A. Menguji kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah
B. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
Jawaban: C
Soal terbuka merupakan soal yang memiliki lebih dari satu jawaban yang benar. Soal ini bertujuan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah.
Soal 2
Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan gambar kepada peserta didik untuk diamati. Tujuan guru memberikan gambar tersebut adalah untuk...
A. Melatih kemampuan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: A
Gambar merupakan media yang efektif untuk melatih kemampuan peserta didik dalam mengamati.
Soal 3
Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat karangan. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengemukakan pendapat
Jawaban: A
Tugas membuat karangan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis.
Soal 4
Pada saat pembelajaran IPS, guru menggunakan metode diskusi untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan metode diskusi tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
Jawaban: B
Metode diskusi bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.
Soal 5
Pada saat pembelajaran matematika, guru memberikan soal-soal yang bersifat kontekstual kepada peserta didik. Tujuan guru memberikan soal-soal tersebut adalah untuk...
A. Menguji kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah
B. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
Jawaban: A
Soal kontekstual merupakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Soal ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.
Baca Juga: 25 Contoh Soal Ujian Komprehensif PPG dan Jawabannya Tahun 2023
Soal 6
Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan eksperimen kepada peserta didik untuk dilakukan. Tujuan guru memberikan eksperimen tersebut adalah untuk...
A. Melatih kemampuan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: B
Eksperimen merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data. Oleh karena itu, eksperimen bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data.
Soal 7
Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat poster. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengemukakan pendapat
Jawaban: A
Soal 8
Pada saat pembelajaran IPS, guru menggunakan metode tanya jawab untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan metode tanya jawab tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
Jawaban: A
Metode tanya jawab bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi.
Soal 9
Pada saat pembelajaran matematika, guru menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga. Tujuan guru menggunakan media pembelajaran tersebut adalah untuk...
A. Memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran
B. Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar
C. Mencegah peserta didik dari kebosanan
D. Memvariasikan metode pembelajaran
E. Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
Jawaban: A
Media pembelajaran dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran dengan lebih mudah.
Soal 10
Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk melakukan penelitian. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: C dan D
Penelitian merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menguji suatu hipotesis. Oleh karena itu, penelitian dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis dan berpikir kreatif.
Baca Juga: Contoh LK 2 4 Rencana Evaluasi PPG Tahun 2023
Soal 11
Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca puisi. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami isi puisi
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengapresiasi puisi
D. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis puisi
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berdiskusi
Jawaban: B dan C
Membaca puisi dapat membantu peserta didik memahami isi puisi dan mengapresiasi puisi.
Soal 12
Pada saat pembelajaran IPS, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat peta. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca peta
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep peta
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
D. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
Jawaban: A dan B
Membuat peta dapat membantu peserta didik memahami konsep peta dan mengembangkan keterampilan membaca peta.
Soal 13
Pada saat pembelajaran matematika, guru menggunakan strategi belajar kooperatif untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan strategi belajar kooperatif tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam bekerja sama
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
Jawaban: A
Strategi belajar kooperatif bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam bekerja sama.
Soal 14
Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat laporan praktikum. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: E
Laporan praktikum merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyusun laporan hasil praktikum. Oleh karena itu, laporan praktikum dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan.
Soal 15
Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru menggunakan metode ceramah untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan metode ceramah tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mendengarkan
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis
Jawaban: B
Metode ceramah bertujuan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik.
Baca Juga: 50 Contoh Soal PPG dan Jawabannya untuk Latihan
Soal 16
Pada saat pembelajaran IPS, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat kliping. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: A dan B
Membaca kliping dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan membaca.
Soal 17
Pada saat pembelajaran matematika, guru menggunakan media pembelajaran berupa video. Tujuan guru menggunakan media pembelajaran tersebut adalah untuk...
A. Memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran
B. Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar
C. Mencegah peserta didik dari kebosanan
D. Memvariasikan metode pembelajaran
E. Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
Jawaban: A
Media pembelajaran dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran dengan lebih mudah.
Soal 18
Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat karya ilmiah. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: C dan D
Karya ilmiah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menguji suatu hipotesis. Oleh karena itu, karya ilmiah dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis dan berpikir kreatif.
Soal 19
Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat puisi. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami isi puisi
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengapresiasi puisi
D. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis puisi
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berdiskusi
Jawaban: D
Tugas membuat puisi bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis puisi.
Soal 20
Pada saat pembelajaran IPS, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat presentasi. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berbicara
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: A
Presentasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan materi kepada orang lain. Oleh karena itu, presentasi dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berbicara.
Baca Juga: Cetak Calon Guru Baru, Kemendikbudristek Prioritaskan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan
Soal 21
Pada saat pembelajaran matematika, guru menggunakan strategi belajar berbasis masalah untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan strategi belajar berbasis masalah tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam bekerja sama
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
Jawaban: B dan E
Strategi belajar berbasis masalah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah.
Soal 22
Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk melakukan percobaan. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: A dan B
Percobaan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data. Oleh karena itu, percobaan dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengamati dan menganalisis data.
Soal 23
Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat film pendek. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: C dan D
Film pendek merupakan karya seni yang dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis dan berpikir kreatif.
Soal 24
Pada saat pembelajaran IPS, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat peta pikiran. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: B
Peta pikiran merupakan teknik yang dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran secara menyeluruh.
Soal 25
Pada saat pembelajaran matematika, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat model matematika. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk...
A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan
Jawaban: C dan D
Model matematika merupakan representasi dari suatu konsep matematika. Oleh karena itu, model matematika dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis dan berpikir kreatif.
Kesimpulan
Soal-soal PCK (Pedagogical Content Knowledge) PPG tahun 2023 yang telah disebutkan di atas dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, yaitu:
Peserta didik yang mampu menjawab soal-soal tersebut dengan benar dapat dikatakan memiliki PCK yang baik.
PCK merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional. Oleh karena itu, peserta PPG perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes PCK.
Dengan mempersiapkan diri dengan baik, peserta PPG dapat lebih optimis untuk lulus tes PCK.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.