Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta Link Buku

15 Januari 2024 15:06 WIB
Kumpulan materi bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan link buku serta rinciannya.
Kumpulan materi bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan link buku serta rinciannya. ( freepik.com)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan secara lengkap mengenai materi bahasa Indonesia kelas 4 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Kumpulan materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa saat belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.

Di dalam artikel ini kami juga melampirkan link buku yang digunakan. Anda pun dapat mengunduhnya dengan mudah.

Berikut ini materi bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan rinciannya. 

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1-2 Kurikulum Merdeka dan Link Bukunya

Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Bab 1: Sudah Besar

Tujuan Pembelajaran:

Dengan menyimak, membaca, dan mendiskusikan bacaan, peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita; mengucapkan kata-kata yang panjang; mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan; serta mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat.

Kegiatan Utama

  • Membaca teks dengan nyaring.
  • Menulis surat menggunakan kata-kata yang baru diketahui dan kalimat transitif/intransitif.
  • Mencari kata di dalam kamus dan memulai proyek Kamus Kotak Kelas Empat.

Kegiatan Pendukung:

  • Mendiskusikan hubungan kakak-adik.

Bab 2: Di Bawah Atap

Tujuan Pembelajaran:

Melalui berbagai teks dan kegiatan, peserta didik dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan, mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia, menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas, serta mencari informasi dan mempresentasikannya.

Kegiatan Utama:

  • Menyimak teks yang dibacakan.
  • Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.
  • Menuliskan kata berimbuhan ‘me-’.
  • Berdiskusi sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.
  • Menulis paragraf deskripsi. 

Kegiatan Pendukung:

  • Membuat daftar piket kelas.
  • Mendiskusikan tip hemat listrik.

Bab 3: Lihat Sekitar

Tujuan Pembelajaran Bab:

Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat menulis dengan struktur argumentasi, mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.

Kegiatan Utama:

  • Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.
  • Menulis paragraf argumentasi.
  • Mendiskusikan isi teks dan gambar.
  • Menuliskan kata berimbuhan ‘ber-’.
  • Berdiskusi sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.
  • Menulis paragraf deskripsi. 

Kegiatan Pendukung:

  • Membuat rambu-rambu.

Bab 4: Meliuk dan Menerjang

Tujuan Pembelajaran:

Melalui berbagai teks dan kegiatan, peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks, berpartisipasi aktif dalam diskusi, melakukan wawancara dan menuliskan laporannya, serta menggunakan “ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan.

Kegiatan Utama:

  • Menyimak teks yang dibacakan oleh guru dan menjawab pertanyaan terkait teks.
  • Mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung.
  • Menulis kalimat persuasif.
  • Berdiskusi dengan aktif.
  • Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara dan menuliskan laporan wawancara.
  • Menulis majas personifikasi.
  • Menulis pengalaman bertema olahraga.

Kegiatan Pendukung:

  • Menciptakan tarian sederhana.
  • Membuat poster.

Bab 5: Bertukar atau Membayar

Tujuan Pembelajaran:

Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber, memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya, memahami dan menggunakan tanda baca dalam penulisan angka atau nilai uang, dan memahami dan menulis teks prosedur.

Kegiatan Utama:

  • Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.
  • Mencari informasi terkait tema dan membuat rangkuman informasi tersebut.
  • Menyampaikan pendapat tentang penyajian infografik terkait tema.
  • Menyampaikan pendapat dan rencana tentang menabung.
  • Menuliskan prosedur pembukaan tabungan di sebuah bank.

Kegiatan Pendukung:

  • Membuat celengan.
  • Menirukan percakapan.

Bab 6: Satu Titik

Tujuan Pembelajaran:

Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks, menyampaikan pendapat tentang isi dan ilustrasi teks, memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh dalam cerita, dan menggunakan kalimat efektif.

Kegiatan Utama:

  • Membaca teks dan memirsa gambar tentang bentang alam dan keindahannya.
  • Mencari informasi untuk menambah wawasan.
  • Membaca dan menyampaikan pendapat tentang isi, judul, dan ilustrasi teks.
  • Berdiskusi dan melakukan presentasi.
  • Menulis laporan perjalanan dengan struktur awal-tengah-akhir dengan menerapkan strategi menjawab ADiKSiMBa.

Kegiatan Pendukung:

  • Menulis puisi tentang keindahan alam.

Bab 7: Asal-Usul

Tujuan Pembelajaran:

Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat memahami instruksi yang disampaikan secara audio, menemukan dan mengidentifikasi informasi di dalam teks dan gambar, menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks, dan membuat teks narasi menggunakan kata penghubung antarkalimat.

Kegiatan Utama:

  • Menyimak teks tentang asal-usul dan perbedaan budaya yang dibacakan oleh guru dan menceritakan ulang dengan kalimat sendiri.
  • Membaca teks dan memirsa gambar tentang peta asal-usul nenek moyang dan perbedaan budaya.
  • Berdiskusi dan menyampaikan pendapat dengan baik dan percaya diri tentang tema terkait.
  • Menulis lagu sendiri, menulis teks dengan struktur awal-tengah-akhir.

Kegiatan Pendukung:

  • Mewarnai kaos bekas.

Bab 8: Sehatlah Ragaku

Tujuan Pembelajaran:

Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik mampu menyebutkan permasalahan yang dialami tokoh di dalam cerita, menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks, membedakan informasi fakta dan opini, serta menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kegiatan Utama:

  • Membaca teks dengan nyaring dan menjawab pertanyaan terkait teks.
  • Menyimak teks dan memirsa gambar tentang pentingnya air minum bagi kesehatan.
  • Mencari informasi lain untuk bahan berdiskusi tentang pentingnya air minum.
  • Berdiskusi tentang fakta dan opini.
  • Menulis pengalaman saat sakit dengan pola awal-tengah-akhir.

Kegiatan Pendukung:

  • Membuat “Pengingat Minum.”
  • Praktik membebat.

Link Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar untuk SD Kelas IV

Demikianlah paparan kumpulan materi bahasa Indonesia kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Untuk materi sekolah lainnya silakan klik tautan di bawah ini.

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta Bukunya

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm