Materi-materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.
Di dalam artikel ini kami lampirkan pula link buku bahasa Indonesia yang digunakan dan resmi dari Kemdikbud.
Berikut ini materi bahasa Indonesia kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan rinciannya.
Materi Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Bab 1: Bunyi Apa?
Kegiatan Utama
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru tentang suara dan pancaindra.
Mengeja dan membaca kata yang diawali dengan huruf ‘b’ yang dikenali sehari-hari.
Menulis huruf ‘B’ dan ‘b’.
Menulis nama sendiri.
Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan tentang suara keras, suara pelan, suara di siang hari, dan suara di malam hari.
Mengamati dan membandingkan gambar suasana pasar yang ramai dan sepi.
Kegiatan Pendukung
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Meletakkan kartu kata yang berisi kata-kata yang diawali dengan suku kata ‘ba-‘, ‘bi-‘, ‘bu-’, ‘be-’, dan ‘bo-’ pada kamus dinding.
Menempelkan nama bendabenda yang mengandung suku kata kata ‘ba-‘, ‘bi-‘, ‘bu-‘, ‘be-‘, dan ‘bo-’ (misalnya botol, buku) di dinding kelas.
Mencari huruf ‘B’ dan ‘b’ pada judul-judul buku di pojok baca kelas dan tulisan lain di kelas.
Melakukan permainan untuk perkenalan. Misalnya guru dan peserta didik membentuk
lingkaran, kemudian saling melempar bola kain. Peserta didik yang menangkap bola mendapatkan giliran untuk memperkenalkan namanya.
Unsur Kebahasaan
Unsur kebahasaan ini meliputi:
huruf kapital dan huruf kecil;
suku kata ‘ba-‘, ‘bi-‘, ‘bu-‘, ‘be-‘, dan ‘bo-‘.
Bab 2: Ayo Bermain!
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru tentang aturan dan tempat bermain yang aman.
Mengeja dan membaca kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’ yang dikenali sehari-hari.
Menulis huruf ‘H’ dan ‘h’.
Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan
saat bermain.
Membuat gambar berurutan sesuai dengan kejadian pada teks fiksi yang dibacakan oleh guru.
Menuliskan nama teman yang diawali dengan huruf ‘c’.
Kegiatan Pendukung:
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Meletakkan kartu kata yang diawali dengan suku kata ‘ha-’, ‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, ‘ho-’, dan ‘ca-’, ‘ci-’, ‘cu-’, ‘ce-‘, ‘co-’ pada kamus dinding.
Mencari kata yang diawali dengan suku kata ‘ha-‘, ‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, ‘ho-’, serta ‘ca-’, ‘ci-‘, ‘cu-‘, ‘ce-‘, ‘co-’ pada judul-judul buku di pojok baca kelas dan nama-nama peserta didik di kelas.
Guru mendiskusikan aturan penggunaan permainan dan buku-buku bacaan di kelas dengan peserta didik. Kemudian guru menuliskan aturan tersebut dalam kalimat sederhana, lalu menempelkannya di pojok baca kelas atau bagian lain di kelas yang mudah dilihat oleh peserta didik.
Bermain bersama di halaman sekolah, serta melakukan simulasi bergantian menggunakan alat permainan dan mengantri dengan tertib.
Unsur Kebahasaan:
Unsur kebahasaan ini meliputi:
tanda tanya dan tanda seru;
suku kata ‘ha-‘, ‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, ‘ho-’, dan ‘ca-’, ‘ci-‘, ‘cu-‘, ‘ce-‘, ‘co-‘.
Bab 3: Awas Kuman!
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru, yang bertema kebersihan dan kesehatan diri.
Mengeja serta membaca suku kata dan kata yang diawali dengan huruf ‘k’ yang dikenali sehari-hari.
Menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’.
Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan gambar tentang makanan yang bersih dan tidak bersih.
Menggambarkan peristiwa dengan hubungan sebab-akibat.
Kegiatan Pendukung:
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Meletakkan kartu kata yang diawali dengan suku kata ‘ka-,’ ‘ki-,’ ‘ku-,’ ‘ke-,’ ‘ko-’ pada kamus dinding.
Menempelkan nama benda yang diawali dengan huruf ‘k’ (seperti kursi, keset, kaca, kipas) pada benda-benda yang terdapat di kelas.
Membacakan buku-buku fiksi dan nonfiksi yang bertema kebersihan dan kesehatan diri.
Mengundang dokter dan tenaga medis lain untuk membacakan buku dan bercerita tentang cara memelihara kebersihan dan kesehatan diri.
Unsur Kebahasaan:
Unsur kebahasaan ini meliputi:
kata yang memiliki suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, ‘ke-’, ‘ko-’.
Bab 4: Aku Bisa!
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru tentang gerak.
Mengeja kata yang memiliki suku kata ‘la-‘, ‘li-‘, ‘lu-‘, ‘le-‘, dan ‘lo-‘ yang dikenali sehari-hari .
Menulis kata yang memiliki suku kata ‘la-‘, ‘li-‘, ‘lu-‘, ‘le-‘, dan ‘lo-‘.
Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan permainan ular naga.
Menggambarkan cara bermain ular naga.
Kegiatan Pendukung:
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Meletakkan kartu kata yang memiliki suku kata ‘la-‘, ‘li-‘, ‘lu-‘, ‘le-‘, dan ‘lo-‘ pada kamus dinding.
Menempelkan nama benda pada benda-benda di kelas yang namanya diawali dengan huruf ‘l’ (seperti lampu dan lemari).
Membacakan buku-buku fiksi dan nonfiksi tentang permainan dan olahraga.
Mengajak peserta didik mengenali kata yang memiliki suku kata ‘la-‘, ‘li-‘, ‘lu-‘, ‘le-‘, dan ‘lo-‘ pada judul-judul buku di pojok baca kelas.
Unsur Kebahasaan
Unsur kebahasaan ini meliputi:
Kata yang memiliki suku kata ‘la-‘, ‘li-‘, ‘lu-‘, ‘le-‘, dan ‘lo-‘.
Bab 5: Teman Baru
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Menyimak teks fiksi dan nonfiksi tentang berteman dan empat kata ajaib.
Mengeja dan membaca suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-’, ‘me-’, ‘mo-’ dalam kata yang dikenali sehari-hari.
Menuliskan tanda titik di akhir kalimat.
Menulis suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-’, ‘me-’, ‘mo-’ dalam katakata yang dikenali sehari-hari.
Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan perkataan serta sikap yang baik dan tidak baik kepada teman.
Kegiatan Pendukung
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Meletakkan kartu kata yang diawali dengan suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-’, ‘me-’, ‘mo-’ pada kamus dinding.
Menempelkan nama bendabenda di dalam kelas yang mengandung suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-’, ‘me-’, ‘mo-’ (misalnya meja, lemari).
Mencari kata-kata dengan suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-,’ ‘me-’, ‘mo-’ pada judul-judul buku di pojok baca kelas.
Unsur Kebahasaan:
Unsur kebahasaan ini meliputi:
tanda titik;
suku kata ‘ma-’, ‘mi-’, ‘mu-’, ‘me-’, ‘mo-’.
Bab 6: Berbeda Itu Tak Apa
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Menyimak dan mengakses informasi dalam teks fiksi, nonfiksi, dan gambar tentang teman yang berbeda.
Mengeja dan membaca suku kata yang mengandung huruf ‘g’ dalam kata yang dikenali sehari-hari.
Menulis suku kata yang mengandung huruf ‘g’ dalam kata-kata yang dikenali sehari-hari.
Mengemukakan pendapat serta mendiskusikan perbedaan dan sikap menghargai perbedaan.
Kegiatan Pendukung:
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Meletakkan kartu kata yang mengandung suku kata yang diawali dengan huruf ‘g’ pada kamus dinding.
Menempelkan nama benda-benda di dalam kelas yang mengandung suku kata yang diawali dengan huruf ‘g’ (misalnya garuda).
Mencari kata-kata dengan suku kata yang diawali dengan huruf ‘g’ pada judul-judul buku di pojok baca kelas.
Unsur Kebahasaan:
Unsur kebahasaan ini meliputi:
suku kata yang diawali dengan huruf ‘g’;
lambang bilangan.
Bab 7: Aku Ingin
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Berlatih membaca kata-kata benda yang diinginkan dan dibutuhkan pada cerita.
Menuliskan nama benda yang diinginkan dan dibutuhkan.
Menjelaskan perbedaan uang koin dan uang kertas.
Kegiatan Pendukung:
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Menuliskan nama diri pada tempat bekal makanan yang dibawa.
Mengeja dan menuliskan nama-nama benda yang dikenali sehari-hari di kamus dinding kelas.
Unsur Kebahasaan:
Unsur kebahasaan ini meliputi:
kalimat argumentasi sederhana.
Bab 8: Di Sekitar Rumah
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
Mengamati peta dan menandai letak serta posisi benda pada peta.
Menuliskan kata yang menunjukkan letak dan posisi.
Bermain menempelkan ekor gajah dan menyimak petunjuk teman tentang arah dan posisi.
Mengeja, membaca, dan menulis nama petugas berseragam.
Menjelaskan cara melindungi diri apabila menghadapi orang tidak dikenal.
Kegiatan Pendukung
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
Berjalan-jalan di lingkungan sekitar sekolah untuk mengamati bangunan, rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, dan petugas yang bekerja di ruang publik.
Mengundang orang tua dengan profesi polisi, petugas keamanan, dokter, petugas kebersihan, dan lain-lain ke sekolah untuk membacakan buku serta bercerita tentang pekerjaan mereka.
Unsur Kebahasaan:
Unsur kebahasaan ini meliputi:
kata keterangan tempat.
Link Buku Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Berikut ini link buku (PDF) yang dapat diunduh dengan mudah.