30 Contoh Soal Literasi Numerasi SMP beserta Jawabannya, Latihan ANBK

7 Juni 2024 13:20 WIB
Ilustrasi contoh soal Literasi dan Numerasi SMP untuk latihan ANBK.
Ilustrasi contoh soal Literasi dan Numerasi SMP untuk latihan ANBK. ( Pixabay/F1Digitals)

Sonora.ID - Simak contoh soal Literasi Numerasi SMP beserta jawabannya berikut ini untuk latihan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

ANBK diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) sebagai program evaluasi.

Melalui input, proses, dan output pembelajaran di satuan pendidikan, Kemdikbud kemudian dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Terdapat tiga instrumen dalam ANBK, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Adapun AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan matematika atau numerasi siswa.

Baca Juga: 100 Catatan Wali Kelas di Raport yang Memotivasi, Menyentuh, Singkat

Contoh Soal Literasi Numerasi SMP

Berikut ini contoh soalnya dibagi menjadi dua, literasi dan numerasi, secara terpisah.

Contoh Soal Literasi SMP

Bacaan untuk menjawab soal nomor 1 dan 2

Kulkas Alam

Distrik Sugapa terletak di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Sugapa terletak di dataran tinggi, yaitu 1.600-2.500 meter di atas permukaan laut. Kabut tebal selalu menyelimuti daerah ini. Bisa dibayangkan, udara di Sugapa sangat dingin. Namun, anak-anak Sugapa sudah terbiasa. Mereka tidak pernah merasa kedinginan.

Air sungai yang dingin di Sugapa bisa berguna seperti kulkas. Jangan bayangkan air sungai yang kotor dan penuh sampah, ya! Air sungai di Sugapa masih jernih dan bersih. Makanya, orang-orang Sugapa biasa mengawetkan daging hasil buruan mereka di sungai. Daging yang diawetkan di sungai bisa tahan sampai beberapa minggu, lho! Hebat, kan?

Proses pengawetan daging itu dibantu dengan daun pandan hutan. Aroma daun pandan yang wangi akan menyerap bau tak sedap. Selain itu, zat flavonoid dan saponin dalam daun pandan juga menghambat pertumbuhan bakteri. Zat flavonoid dan saponin ini adalah senyawa-senyawa kimia yang bisa ditemukan dalam berbagai tumbuhan.

Kamu ingin mengetahui bagaimana cara masyarakat Sugapa mengawetkan daging? Kamu dapat memperhatikan gambar berikut.

1. Di mana letak Distrik Sugapa?

Kunci Jawaban: Kabupaten Intan Jaya, Papua.

2. Apa langkah pertama masyarakat Sugapa dalam mengawetkan daging?

A. Bungkusan daging ditindih dengan batu besar agar tidak hanyut.
B. Daging yang telah dibungkus daun pandan direndam di air.
C. Daging dibungkus daun pandan yang telah dibersihkan durinya.
D. Bungkusan daging direndam di sungai selama satu minggu.

Kunci Jawaban: C. Daging dibungkus daun pandan yang telah dibersihkan durinya.

Bacaan untuk nomor 3-7

Putri Lopian (Kisah dari Tapanuli Tengah)

Liburan semester ini, Riga berlibur ke rumah Kakek di Sibolga, Sumatera Utara. Kakek senang sekali bercerita. Begitu banyak legenda yang Kakek ceritakan padanya. Kali ini, Kakek bercerita tentang Putri Lopian, seorang penyayang binatang yang memiliki banyak sahabat hewan. Setiap sore, Putri Lopian memanggil para sahabatnya dari balik pagar halaman istana yang berbatasan dengan hutan, lalu memberi mereka makan. Sahabatnya yang paling dekat adalah kura-kura, yang selalu mengikutinya. Namun, si kura-kura pemalu. Jika ada orang lain, si kura-kura akan bersembunyi, berpura-pura jadi batu. Suatu pagi, ketika dia sedang menemui teman-temannya di tepi hutan, gempa besar terjadi. Suasana kacau balau, penghuni istana berlarian keluar. Orang tuanya tidak ada! Kelinci dan rusa mendatanginya, menarik-narik kainnya agar dia ikut mereka ke arah hutan, menjauhi pantai.

Sementara itu, orang-orang malah berlarian ke laut sambil membawa keranjang, berteriak, “Ikan! Banyak ikan di pantai!”
Tiba-tiba saja gelombang dahsyat datang dari arah laut. Semua tersapu! Putri Lopian juga. Di mana-mana hanya ada air!
Sebongkah batu muncul di dekatnya. Ternyata itu si kura-kura. Putri Lopian berpegangan ke tempurung sahabatnya. Kura-kura membawanya berenang ke dataran tinggi, dan hewan lain membantu menariknya. Akhirnya dia selamat! Sayang sekali, Putri Lopian tidak dapat menemukan orang tuanya. Namun, sahabat-sahabatnya menjadi pelipur lara. Hingga dewasa, dia masih menyayangi hewan-hewan itu.

3. Siapa sahabat Putri Lopian yang mendatangi dan menarik-narik kainnya?
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!
Jawaban benar lebih dari satu.

a. Kelinci
b. Rusa
c. Kura-kura
d. Ikan

Jawaban: a dan b

4. Apa yang dilakukan kura-kura dan Putri Lopian setelah gempa besar terjadi?

a. Kura-kura menarik Putri Lopian untuk menjauhi pantai.
b. Kura-kura dan Putri Lopian bergegas berlari menuju ke hutan.
c. Putri Lopian mengajak kura-kura berlari ke laut mencari orang tuanya.
d. Putri Lopian berpegangan pada tempurung kura-kura.

Jawaban: d

5. Berdasarkan gambar dan isi cerita tersebut, apa yang membuat Putri Lopian selamat dari gelombang dahsyat?

a. Kepandaian Putri Lopian berenang karena istananya dekat pantai.
b. Persahabatan Putri Lopian dengan binatang yang selalu mengikutinya.
c. Kekuatan yang dimiliki oleh Putri Lopian yang didapat dari teman-temannya.
d. Dataran tinggi sebagai tujuan Putri Lopian untuk menghindari gelombang.

Jawaban: b

6. Bagaimana sifat kura-kura beserta alasan yang sesuai berdasarkan cerita tersebut?
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!
Jawaban benar lebih dari satu.

a. Pemalu karena bila ada orang lain datang dia akan bersembunyi.
b. Penolong karena menyelamatkan Putri Lopian dan membawanya ke dataran tinggi.
c. Penyayang karena hingga dewasa dia masih menyayangi hewan-hewan lain.
d. Peduli karena mengajak Putri Lopian untuk menjauhi pantai setelah terjadi gempa

Jawaban: a dan b

7. Mengapa gambar sudah tepat mewakili isi teks pada awal cerita sebelum gelombang dahsyat terjadi?
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!
Jawaban benar lebih dari satu.

a. Suasananya di pinggir pantai bersama para binatang.
b. Kura-kura sudah berbaur dengan hewan-hewan lainnya.
c. Tempat tinggal Putri Lopian diceritakan berbatasan dengan laut.
d. Terlihat latar tempat di sekitar halaman istana.

Jawaban: b dan d

Bacaan untuk menjawab soal nomor 8-10

Botol bekas dari beling jangan dibuang. Botol-botol ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan alat musik. Botol harus diisi air, nanti akan bisa menghasilkan suara.

Siapkan botolnya. Mulai isi dengan air. Usahakan tinggi air pada setiap botol berbeda. Setelah itu jejerkan botol-botol yang sudah diisi air.

Botol bisa bersuara dengan cara ditiup. Bisa juga dengan cara dipukul menggunakan sendok. Jika tidak ada sendok, bisa menggunakan alat pemukul lain. Pukullah di bagian yang terisi air. Jangan terlalu kencang memukulnya. Nanti botol bisa pecah. Cobalah pelan-pelan. Dengarkan suara yang muncul ketika botol itu diketuk.

Botol bisa berbunyi berbeda tergantung banyaknya udara di dalam botol. Jika air lebih banyak artinya udara yang ada lebih sedikit. Air yang lebih banyak akan menyebabkan getaran merambat dengan lebih lambat. Sehingga menghasilkan suara lebih rendah. Dengan botol ini kamu bisa mengadakan konser musik bersama teman-temanmu.

8. Bagaimana cara yang dilakukan agar botol-botol berisi air dapat mengeluarkan bunyi?

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

Jawaban benar lebih dari satu.

A. Meniup botol dengan mulut.
B. Menjejerkan botol sama tinggi.
C. Memukul botol dengan sendok.
D. Memasukkan sendok ke dalam botol.

Kunci Jawaban: A dan C

9. Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan oleh botol beling bekas saat dipukul adalah ....

A. volume air dalam botol
B. jenis air yang digunakan
C. jenis alat pukul
D. ukuran alat pukul

Kunci Jawaban: A. volume air dalam botol

10. Bagaimana perbedaan suara masing-masing botol?

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!

A. Botol yang diisi air lebih banyak akan menghasilkan suara lebih rendah.
B. Botol yang diisi air lebih banyak akan menghasilkan suara lebih besar.
C. Botol yang berisi udara lebih banyak akan menghasilkan suara lebih tinggi.

Kunci Jawaban:
A (Benar)
B (Salah)
C (Benar)

Bacaan untuk menjawab soal nomor 11-13.

Misi di Teluk Finlandia

Kapal pemecah es Snow bersandar dekat kapal pemecah es Steel, kakaknya, di Pos Juniper, tempat semua kapal pemecah es berlabuh. Alunan musik merdu dari radio membuat mereka terkantuk-kantuk. Kakaknya bahkan sudah tertidur lelap sambil mendengkur.

Tiba-tiba saja musik terhenti dan terdengar laporan darurat di radio.

“Kabar darurat. Cuaca ekstrim akibat pemanasan global menerjang Teluk Finlandia dan sekitarnya. Beberapa pulau, batu karang dan gumuk pasir di laut di Teluk Finlandia telah membeku. Apungan es pun mulai terbentuk di laut lepas. Angin kencang telah membawanya ke jalur berlayarnya kapal. Dilaporkan suhu di Teluk Bothnia juga terus menurun memacu terbentuknya es hingga menjebak beberapa kapal yang sedang berlayar di sana. Diperkirakan cuaca ekstrem ini akan terus berlangsung sepanjang musim dingin.”

“Kak, bangun! Ada kapal yang terperangkap es,” seru Snow. Tapi Kepala kapal pemecah es, Atlas, menugaskan Castor dan Pollux. Mereka sudah berangkat untuk menolong kapal-kapal itu.

“Lagi-lagi Castor dan Pollux yang berangkat! Kenapa selalu mereka?” keluh Snow sambil membangunkan kakaknya.

“Aduh, aku lagi asyik tidur. Nanti juga kita dipanggil jika diperlukan!” Kakaknya mengomel.

“Iya tapi aku bosan. Aku enggak mau hanya jadi tontonan wisatawan,” kata Snow kesal.

Snow memeriksa kembali semua peralatannya. Baling-baling haluan depan kapal dan pendorong buritannya berputar dengan baik. Mesin-mesinnya sudah diservis. Radar dan pemancar radio yang baru sudah dipasang di anjungan menggantikan yang lama. Semua sudah siap.

Mayday! Mayday! Tiba-tiba terdengar panggilan darurat dari sebuah kapal. “Ini kapal dagang Nou Nou dari Panama. Daun kemudiku rusak dan tidak bisa dikendalikan. Aku akan terseret ke Gumuk Savin. Adakah yang bisa mendengarku?”

Sejenak semuanya terdiam. Lalu Atlas berkata, “Snow, giliranmu bertugas. Cepat tolong kapal Nou Nou!”

Snow menyalakan mesin-mesinnya dengan semangat. Lampu biru di menaranya, khas kapal pemecah es, menyala kelap kelip. Lalu ia menanggapi panggilan darurat Nou Nou.

“Kapal dagang Nou Nou, ini kapal pemecah es Finlandia Snow. Bisa mendengarku?”

“Ya, aku mendengarmu. Es mulai menekan semua sisi badan kapalku. Entah berapa lama lagi aku bisa bertahan. Lambung kapalku akan rusak jika terseret ke arah gumuk. TOLONG!” teriak kapal dagang Nou-Nou.

Untungnya, radar Snow bekerja dengan sempurna. Titik hijau di layar monitornya menunjukkan lokasi kapal Nou Nou. Mesin alat penariknya serta kabel penariknya yang setebal kaki beruang, sudah siap di buritan kapal. Snow mundur dengan hati-hati supaya alat penariknya di buritan ada di posisi yang tepat dengan haluan Nou Nou. Pengait kabel pun akhirnya terpasang. Snow menggerakkan Nou Nou dengan perlahan. Kabel penarik yang tebal berderit keras saat Snow menariknya. Kapal-kapal tersebut berbelok, pelan tapi pasti, meninggalkan gumuk itu menuju pos. Snow lelah tapi sangat puas ia bisa menolong kapal Nou Nou. Sepertinya, ia akan sangat sibuk musim dingin ini.

11. Di manakah lokasi kapal pemecah es Snow berada ketika terdengar panggilan darurat?

A. Teluk Bothnia.
B. Gumuk Savin.
C. Teluk Finlandia.
D. Pos Juniper.

Kunci Jawaban: D. Pos Juniper.

12. Setelah terdengar panggilan darurat dari sebuah kapal, Snow mendapatkan giliran bertugas. Bagaimana perasaan dan sifat yang ditunjukkan Snow ketika mendapat kesempatan tugas tersebut?

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

Jawaban benar lebih dari satu.

A. Senang dan bersemangat melaksanakan misi penyelamatan.
B. Tersanjung dan bertanggung jawab untuk melakukan misi baru.
C. Yakin kesiapan dirinya, tetapi juga sedih karena pernah diabaikan dalam misi sebelumnya.
D. Peduli dengan nasib kapal dagang, tetapi ia kasihan melihat kondisi Steel, kakaknya.

Kunci Jawaban: A dan B

13. Snow bergejolak setiap ada panggilan darurat. Bagaimana pun ia tidak mau hanya menjadi tontonan wisatawan. Bagaimana perubahan emosi Snow dalam cerita?

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

Jawaban benar lebih dari satu.

A. Snow kesal dan kecewa, namun ia tetap mengecek kesiapan kapal. Akhirnya, terbayar pula usahanya. Ia senang dan puas dengan kinerjanya.
B. Snow yakin dengan kesiapan dan kekuatannya. Ia sangat berani dan mampu menolong kapal-kapal yang terjebak es. Ia pun dengan sigap dan cekatan menolong semua kapal sendirian.
C. Snow merasa kurang diperhitungkan. Meskipun begitu, ia tetap menyiapkan diri dengan cekatan. Ia pun bahagia bertugas menyelamatkan kapal dan dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab.
D. Snow hampir putus asa. Ia merasa terabaikan dan tidak dihargai kinerjanya. Ia pun marah dan tidak memedulikan nasib kapal-kapal yang terjebak.
Kunci Jawaban: A dan C

Bacaan untuk nomor 14-15

AIR LAUT YANG TERPISAH

Saat sedang mandi, tiba-tiba aku ingat laut. Aku menyukai warna biru. Jenis apa pun. Setiap kali pergi ke pantai—tidak harus selalu saat hari libur—aku lama-lama memandang laut lepas yang hampir seluruhnya berwarna biru. Begitu juga dengan garis batas antara laut dengan langit, antara keduanya seolah menjadi satu. Sangat menakjubkan.

Suatu kali aku merasa beruntung menyaksikan sebuah fenomena ajaib di televisi. Tayangan itu menunjukkan sebuah batas yang memisahkan antara dua laut di Selat Gibraltar, yaitu Laut Atlantik dengan Laut Mediterania sementara mereka benar-benar hidup masing-masing dan tidak saling mencampuri satu sama lain. Bahkan batas di antara keduanya sangat jelas.

Aku membayangkan, jika manusia tidak mencampuri urusan satu sama lain, barangkali dunia ini akan damai. Tidak ada luka, rahasia, air mata, dan tentu saja tidak ada peperangan. Tapi sepertinya tidak mungkin. Seringkali perbedaan menjelma menjadi senjata paling tajam untuk saling ‘membunuh’ satu dengan yang lainnya.

14. Mengapa tokoh Aku tiba-tiba teringat laut ketika mandi?
a. Fenomena ajaib yang ia tonton membuatnya teringat akan laut.
b. Laut berwarna biru yang merupakan warna kesukaannya.
c. Ketakjubannya akan garis batas laut dengan langit.
d. Teringat saat ia pergi berlibur ke pantai.

Jawaban: b

15. Setelah melihat fenomena air tak tercampur, tokoh Aku menjadi lebih memahami bahwa ....
a. Kita semestinya peduli terhadap lingkungan
b. Segala hal memiliki makna dalam kehidupan.
c. Kita harus bijak dalam menerima perubahan alam.
d. Kelestarian alam harus selalu dijaga.

Jawaban: b

Contoh Soal Numerasi SMP

16. Sebuah kotak berisi 60 permen. Jika 1/3 dari permen tersebut adalah permen coklat, berapa banyak permen coklat dalam kotak?
a. 10 permen
b. 15 permen
c. 20 permen
d. 25 permen

Jawaban: c. 20 permen

17. Setiap lahan 1 m2 membutuhkan 30 ml POC untuk membantu tanaman tumbuh secara optimal.

Pilihlah pernyataan-pernyataan berikut yang bernilai benar terkait pemupukan menggunakan POC untuk lahan seluas 150 m2!

(Diketahui 1 liter = 1000 ml. Jawaban bisa lebih dari 1.).

A. Jika terdapat 5 liter POC digunakan untuk sekali pemupukan di tersebut, maka akan tersisa 500 ml POC.
B. POC sebanyak 10 liter cukup untuk 3 kali pemupukan di lahan tersebut.
C. Jika hanya tersedia 3 liter POC, luas lahan yang belum di pupuk adalah 50 m2.

Kunci Jawaban: A dan C

PENGHARGAAN SISWA BERPRESTASI

Sebuah Sekolah Menengah memberikan hadiah uang tunai kepada 10 siswa anggota tim futsal dan 2 siswa anggota tim matematika yang telah meraih juara. Jumlah uang yang diberikan seluruhnya Rp3.300.000,00. Ternyata salah satu siswa yang bernama Zidan termasuk dalam anggota tim futsal sekaligus anggota tim matematika yang meraih juara. Zidan menerima uang dari tim futsal dan dari tim matematika dengan jumlah Rp650.000,00.

18. Berdasarkan wacana di atas, pilihlah benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut ini!

Pernyataan Benar atau Salah

A. Jumlah uang yang diberikan Sekolah untuk seluruh anggota tim futsal Rp2.500.000,00.
B. Banyak uang yang diberikan Sekolah untuk setiap anggota tim futsal lebih dari banyak uang yang diberikan untuk setiap anggota tim matematika.
C. Banyak uang yang diberikan Sekolah untuk Zidan lebih besar dari banyak uang yang diberikan untuk Tim Matematika.

Kunci Jawaban:
A (Benar)
B (Salah)
C (Salah)

19. Tahun depan, Setiap anggota tim futsal direncanakan akan mendapat penghargaan uang tunai yang sama dengan setiap anggota tim matematika. Dengan tambahan anggaran sebesar Rp1.500.000,00, mungkinkah rencana tersebut dapat terlaksana? Jelaskan alasanmu.

Kunci Jawaban: Ya mungkin,

3.300.000 + 1.500.000 = 4.800.000 seluruh peserta = 10 + 2 = 12 orang jadi tiap peserta mendapat 4.800.000 : 12 = 400.000

Jadi seluruh peserta mendapat uang tunai sebsesar 400.000

20. Ibu membeli 2,5 kilogram sawi dan 1,5 kilogram wortel di pasar. Berapakah berat total sayuran yang dibeli ibu?

a. 3 kilogram
b. 4 kilogram
c. 3,5 kilogram
d. 5 kilogram

Jawaban: b. 4 kilogram

21. Dalam suatu kelas terdapat 24 siswa. Jika 1/6 dari siswa tersebut sedang sakit, berapa banyak siswa yang sehat?
A. 12 siswa
B. 16 siswa
C. 18 siswa
D. 20 siswa

Kunci Jawaban: D. 20 siswa

22. Pada saat terbang pada ketinggian tertentu, suhu di dalam pesawat adalah 21°C, sedangkan suhu di luar pesawat 34°C di bawah nol.

Setiap naik 80 meter, suhu udara di luar pesawat akan turun 0,5°C. Jika ketinggian pesawat naik 2.400 meter, berapakah suhu udara di luar pesawat?

A. 15°C
B. 19°C
C. 30°C
D. 49°C

Jawaban: D. 49°C

23. Dalam suatu wadah terdapat 80 liter air. Jika 2/5 dari air tersebut digunakan, berapa liter air yang tersisa?

a. 24 liter
b. 32 liter
c. 48 liter
d. 50 liter

Jawaban: c. 48 liter

24. Di suatu pulau, roti merupakan camilan yang banyak digemari. Setidaknya ada dua jenis roti yang sering dijual di pulau tersebut. Nah, daftar komposisi dari dua jenis roti kurang lebih sebagai berikut!

Komposisi roti A terdiri dari lemak total yaitu 9%, Lemak jenuh yaitu 20%, Protein yaitu 3%, Karbohidrat total yaitu 6% dan Natrium yaitu 10%.

Komposisi roti B terdiri dari dari lemak total sebesar 8%, Lemak jenuh sebesar 16%, Protein sebesar 2%, Karbohidrat total sebesar 4% dan Natrium sebesar 5%.

Manakah dari empat pernyataan di atas yang paling tepat?

A. Komposisi protein roti A adalah 0,02 bagian
B. Komposisi natrium roti B adalah 0,01 bagian
C. Komposisi lemak jenuh roti B adalah 0,16 bagian
D. Lemak jenuh roti A sebesar 0,02 bagian.

Jawaban: C. Komposisi lemak jenuh roti B adalah 0,16 bagian

25. Jika 2/4 dari suatu angka adalah 10, angka berapa itu?

a. 15
b. 20
c. 25
d. 30

Jawaban: b. 20

26. Sebuah kota di Jawa Barat memiliki populasi sebanyak 100.000 di Januari 2015. Peningkatan jumlah penduduk mencapai 5% per tahun. Pemerintah kota berencana akan membangun sebuah sekolah yang baru, jika jumlah penduduk minimal 120.000.

Di tahun ke berapa sekolah baru mulai dibangun?

A. Januari 2018
B. Januari 2019
C. Januari 2020
D. Januari 2021

B. Januari 2019

27. Hasil dari 5² + 3 x 4 adalah...

a. 27
b. 37
c. 47
d. 57

Jawaban: b. 27

28. Jika 7/10 dari suatu angka adalah 49, angka berapakah itu?

a. 60
b. 70
c. 77
d. 80

Jawaban: b

29. Sebuah segitiga memiliki panjang alas 12 cm dan tinggi 8 cm. Berapakah luas segitiga tersebut?

a. 48 cm²
b. 24 cm²
c. 96 cm²
d. 36 cm²

Jawaban: a. 48 cm²

30. Rudi akan bermain kelereng bersama Bima, Sultan, Jaka dan Satriya. Rudi memiliki 120 kelereng. Rudi akan membagikan kelerengnya kepada Bima; 30% kelereng kepada Sultan dan 0,15 bagian kepada Jaka. Sisa kelereng Rudi akan dibagi sama banyak untuk dirinya sendiri dan Satriya. Jika 10 kelereng Satriya diberikan kembali kepada Rudi, berapakah selisih paling banyak antara kelereng yang dimiliki Rudi dengan kelereng milik masing-masing temannya?

A. 23
B. 22
C. 20
D. 14

Jawaban: C. 20

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm