25 Contoh Soal AKG MTs Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

25 Juni 2024 15:59 WIB
Kumpulan contoh soal AKG MTs tahun 2024 lengkap dengan kunci jawabannya.
Kumpulan contoh soal AKG MTs tahun 2024 lengkap dengan kunci jawabannya. ( Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan paparan mengenai kumpulan contoh soal AKG MTs tahun 2024 dan kunci jawabannya.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program Madrasah Education Quality Reform (MEQR).

AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024, dan wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

AKGTK ini dilaksanakan secara daring di Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) yang berlokasi di satuan pendidikan madrasah terdekat di Kabupaten/Kota masing-masing.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi akan menentukan TAK yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan AKGTK dan mencatatkannya di SIMPATIKA.

Terkait dengan hal ini di bawah ini kumpulan contoh soal AKG MTs 2024 dan kunci jawabannya yang dapat Anda jadikan sebagai bahan belajar, dikutip dari berbagai sumber.

Soal AKG MTs Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Pedagogik

Soal 1

Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....

  • Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
  • Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
  • Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
  • Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa
  • Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

Jawaban: Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

Soal 2

Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi, yaitu "menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras", jika seo pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah…

Jawaban: Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar.

Soal 3

Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif.

Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya....

Jawaban: Konsep

Soal 4

Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu....

Jawaban: Kontekstual

Soal 5

Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip/hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut....

Jawaban: Bagan

Bahasa Inggris

Soal 6

As the counterbalance to linguistic competence, formulaic competence refers to chunks of language that speakers use heavily in everyday interactions. It includes the following EXCEPT....

  • idioms
  • routines
  • turn-taking
  • collocations
  • lexical frames

Jawaban: Turn-Taking

Soal 7

Among the areas where our behavior can directly influence our students' motivation to continue participation in EFL classes is determining short-term goals which include the following EXCЕРТ....

Jawaban: 

  • the successful writing of an essay
  • the ability to partake in a discussion
  • the possibility of a better job in the future
  • the learning of a small amount of new language
  • the passing of the progress test at the end of the week

Jawaban: the possibility of a better job in the future

Soal 8

A teacher who wants to have distance learning involving not only spoken but also pictographic images which enable them to have face-to face idea exchanges can mos appropriately utilize....

Jawaban: Teleconference

Soal 9

To cater for the learning style of his students who are field independent, when teaching reading, Mr. Hanafi will require his students to ......

Jawaban: Identify the main points of passages

Soal 10

Homemade herbal cleaning products are mostly composed of just one main substance - the cleaning agent; you are not paying for bulking additives, artificial colors or perfumes. 

You can choose the type and strength of the scent; fresh herbs or essential oils almost invariably leave a delightfully fresh, clean smell. 

There is also evidence that links the use of chemical cleaners such as bleach with the development of asthma in both children and adults. Some chemicals can set off allergic reactions or contact dermatitis. 

And U.S. study discovered that women who held cleaning jobs while pregnant had a higher incidence of birth defects in their children. So, whether you are already committed to a greener way of cleaning or you just want to save money and simplify your life a little, herbal cleaning makes a lot of sense.

It is stated in the text that herbs or essential oils....

Jawaban: certainly provide a clean smell

Bahasa Indonesia

Soal 11

Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. 

Indikator yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah…

  • Menentukan struktur organisasi teks laporan hasil observasi.
  • Menentukan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
  • Menjelaskan struktur organisasi teks laporan hasil observasi
  • Menjelaskan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
  • Menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil observasi.

Jawaban: Menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil observasi.

Soal 12

Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah ...

  • Pengetahuan faktual
  • Pengetahuan metakognitif
  • Pengetahuan prosedural
  • Pengetahuan konseptual
  • Keterampilan

Jawaban: Pengetahuan prosedural

Soal 13

Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu jenis teks, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, membuat kesimpulan, dan mempresentasikan hasil diskusi. 

Pembelajaran membaca teks ini menggunakan pendekatan ...

Jawaban: Saintifik

Soal 14

Dalam pembelajaran mengonstruksi suatu teks, salah satu prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang harus ada adalah ...

Jawaban: Mencoba atau mengeksplorasi

Soal 15

Jika seorang guru mengajar dengan kompetensi dasar Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi (LHO) berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan dengan pendekatan saintifik, pada tengah kegiatan guru meminta siswa secara berkelompok untuk membaca, menganalisis, dan menyimpulkan isi informasi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi yang ditugaskan.

Menurut pendapat Saudara, kegiatan tersebut termasuk ke dalam tahapan pembelajaran ...

Jawaban: Mencoba atau mengeksplorasi informasi teks LHO

IPA

Soal 16

Terdapat Kompetensi Dasar (KD): menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut.

Manakah di antara pilihan berikut ini merupakan yang pernyataan benar tentang teknologi dan struktur tumbuhan yang mengilhaminya?

  • Velcro atau perekat terinspirasi oleh getah batang
  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa terinspirasi dari struktur bunga ros
  • Charger tenaga surya Electre terinspirasi dari osmosis daun
  • Teater Esplanade yang terinspirasi dari bentuk buah rambutan
  • Kota mengambang Lilypad Ecopolis terinspirasi dari struktur daun teratai

Jawaban: Kota mengambang Lilypad Ecopolis terinspirasi dari struktur daun teratai

Soal 17

Terdapat KD: Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)

Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara untuk mengukur panjang suatu benda, seperti menggunakan ukuran langkah, depa, dan meter. 

Di antara pilihan berikut yang merupakan indikator pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi adalah....

  • menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi dari hasil pengukuran panjang
  • menjelaskan perbedaan ketepatan mengukur panjang suatu benda dengan alat ukur standar dan alat ukur tidak standar
  • menjelaskan pentingnya menggunakan alat ukur standar dalam pengukuran
  • menjabarkan cara menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda
  • menyebutkan jenis-jenis alat ukur standar, besaran, dan satuan panjang

Jawaban: menjabarkan cara menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda

Soal 18

Pak Rudi dan Bu Nani mengajar IPA di MTS / SMP Harapan Bangsa yang merupakan sekolah Adiwiyata. 

Sebagai sekolah yang termasuk kategori berwawasan dan berpeduli lingkungan hidup, di MTS / SMP tersebut terdapat kebun sekolah yang hijau, koleksi tanaman obat, wastafel tempat cuci tangan di depan setiap kelas, bak sampah, biopori untuk resapan air, serta ada rumah kaca berisi berbagai tanaman. 

Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas IX untuk membuat produk daur ulang limbah yang bermanfaat bagi kehidupan. 

Agar metode Project-based Learning yang Pak Rudi terapkan berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah....

Jawaban: menugaskan siswa mengidentifikasi beragam limbah di sekolah

Soal 19

Bu Nina melakukan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat melakukan pengukuran kuat arus listrik pada rangkaian. 

Bu Nina memulai dengan mengkondisikan siswa untuk belajar, memotivasi, dan menyampaikan tujuan. 

Kemudian Bu Nina mendemonstrasikan cara mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian. Langkah Bu Nina selanjutnya yang paling tepat adalah....

Jawaban: meminta siswa untuk menirukan pengukuran arus listrik seperti demonstrasi Bu Nina

Soal 20

Dalam pembelajaran materi suhu dan kalor, Pak Bendi menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan saintifik. 

Pak Bendi tidak hanya ingin meningkatkan kemampuan siswa memahami materi pelajaran tetapi juga meningkatkan keterampilan. 

Rumusan pertanyaan/tugas berikut yang paling tepat untuk menilai keterampilan siswa menggunakan termometer adalah....

  • ukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer yang tersedia, kemudian catat hasilnya pada selembar kertas
  • berapa suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia?
  • tunjukkan cara mengukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer yang telah disediakan.
  • catat suhu larutan dalam gelas kimia
  • hitung kenaikan suhu larutan setelah dipanasi selama 5 menit.

Jawaban: tunjukkan cara mengukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan termometer yang telah disediakan.

BK

Soal 21

Seorang guru BK di MTs ingin mengembangkan program pengembangan profesional (PPD) untuk meningkatkan kompetensinya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa di kelas 7. 

Berikut adalah beberapa topik PPD yang dapat dipilihnya:

  • Penerapan pendekatan layanan BK berbasis komprehensif di kelas 7.
  • Pengembangan media layanan BK interaktif untuk membantu siswa dalam mengenal diri dan potensi diri.
  • Peningkatan kemampuan guru BK dalam melakukan konseling individual dan kelompok.
  • Penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif bagi perkembangan mental dan sosial siswa. 
  • Semua jawaban di atas.

Jawaban: Semua jawaban di atas

Matematika (MTK)

Soal 22

Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga. 

Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah....

  • Syarat kesebangunan dua segitiga
  • Pengertian kesebanguna dua segitiga
  • Ciri-ciri kesebanguna dua segitiga.
  • Perbandingan sudut-sudut dua segitiga sebangun
  • Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga

Jawaban: Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga

Soal 23

Suatu indikator dari materi Sistem Koordinat ialah menentukan kedudukan garis yang sejajar dengan sumbu-X. 

Media yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran agar indikator tersebut tercapai ialah..

  • Slide Powerpoint dengan gambar bidang koordinat dan sebuah garis yang melalui titik (2,0)
  • Video Pembelajaran yang menampilkan garis sejajar sumbu-Y
  • Papan dengan koordinat dengan paku sebagai titik-titiknya, serta sebuah benang dengan posisi tegak lurus terhadap sumbu-Y
  • Lembar kerja terstruktur tentang tempat kedudukan titik pada bidang koordinat
  • Kertas manila yang terdapat gambar bidang koordinat serta sebuah garis yang melalui titik (0,5) dan (3,0)

Jawaban: Lembar kerja terstruktur tentang tempat kedudukan titik pada bidang koordinat

Soal 24

Garis menyinggung parabola y = x² di titik (1,1). Persamaan garis singgungnya adalah

  • y = 2x + 1
  • y = 2x - 1
  • y=-2x-1
  • y=-2x+1
  • y=-2x+3

Jawaban: y = 2x + 1

Soal 25

Dua keluarga yang masing-masing terdiri dari 2 orang dan 3 orang ingin foto bersama. Banyak posisi foto yang berbeda dengan anggota keluarga yang sama selalu berdampingan adalah ...

Jawaban: 24

Demikianlah paparan mengenai kumpulan contoh soal AKG MTs 2024 dan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 15 Soal AKG Sains MI Tahun 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm