Sonora.ID - Simak kunci jawaban pretest PembaTIK tahun 2024 level 2 berikut ini.
Pembatik (Pembelajaran Berbasis TIK) merupakan program unggulan yang dikelola oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pretest Pembatik Level 2 merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan kamu untuk meningkatkan kompetensi dalam penggunaan TIK di bidang pendidikan.
Dengan persiapan yang matang, kamu dapat menghadapi pretest ini dengan percaya diri dan memaksimalkan hasil yang Anda peroleh.
Berikut ini Sonora.ID merangkum kunci jawaban pretest PembaTIK tahun 2024 level 2 tahun 2024 tentang Implementasi:
Soal dan Kunci Jawaban Pretest PembaTIK 2024 Level 2: Implementasi
A. pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital
B. kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus
C. pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi
D. model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)
E. pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional
A. pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital
B. kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus
C. pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi
D. model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)
E. pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional
A. Memastikan semua sekolah memilih web sekolah dan pendataan terpusat
B. Mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK
C. Mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak
D. Mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital
E. Memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya
A. infrastruktur dan perangkat TIK
B. infrastruktur dan metode pembelajaran
C. regulasi dan kebijakan pendidikan digital
D. pogram komputer dan kebijakan
E. perangkat TIK dan strategi pembelajaran
A. fokus pada hasil akhir
B. metode pengajaran yang konvesional
C. penilaian sumatif saja
D. prosedur yang belum terbukti berhasil
E. penilaian formatif dan sumatif komprehensif
Baca Juga: Contoh Jawaban Esai Guru Penggerak, Cocok Dijadikan sebagai Referensi
A. Memanfaatkan futur tautan di LMS untuk pengumpulan tugas siswa.
B. Mengembangkan media video pembelajaran digital.
C. Memanfaatkan fitur di Platform Merdeka Mengajar untuk asesmen diagnostik
D. Menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai ujian
E. Menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming
A. Self paced learning
B. Live event
C. Perfomance Support Materials
D. Assessment
E. Collaboration
A. Menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi
B. Meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik
C. Mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran
D. Memperluasn akses peserta didik terhadap sumber belajar
E. Membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi
A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital
B. Model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)
C. Pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvensional
D. Kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus
E. Pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi
A. semua yang ada di sekeliling individu yang menimbulkan komunikasi
B. lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi
C. hal yang dapat mempengaruhi perubahan sifat peserta didik
D. segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku
E. lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat
A. Mencari buku-buku referensi tambahan tentang tokoh-tokoh sejarah Indonesia.
B. Mengunduh buku teks digital tentang sejarah Indonesia untuk menggantikan buku cetak.
C. Berdiskusi dengan sejarawan melalui forum diskusi di website tersebut.
D. Membuat soal ujian online tentang sejarah Indonesia
E. Mengikuti webinar tentang metode pengajaran sejarah yang efektif
A. Meningkatkan kompetensi profesional penggunaan TIK
B. Mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar
C. Meminta umpan balik siswa
D. Memilih platform pembelajaran yang sesuai
E. Memberikan motivasi dan apresiasi
A. pedagogical knowledge
B. content knowledge
C. innovation knowledge
D. curriculum knowledge
E. technological knowledge
A. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
B. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
C. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
D. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar
E. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
A. Problem Based Learning
B. Station Learning
C. Game Based Learning
D. Project Based Learning
E. Discovery-Inquiry Learning
Baca Juga: Kunci Jawaban Tes Awal Paket Modul 2 Guru Penggerak Tahun 2024
A. Meminta siswa memilih konten yang mereka sukai dan membiarkan mereka belajar secara mandiri.
B. Membuat konten sendiri yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan mengabaikan konten yang ada di Portal Rumah Belajar.
C. Memilih satu konten yang paling menarik bagi peserta didiknya dan menggunakannya sepanjang pembelajaran.
D. Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi
E. Menggunakan semua konten secara berurutan, mulai dari video, permainan, lalu latihan soal.
A. meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik
B. menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi
C. memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar
D. membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi
E. mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran
A. Schoology
B. Quizizz
C. Google Classroom
D. Microsoft Teams
E. Canvas
A. Evaluation the experience
B. Access the outcome
C. Start with essential equation
D. Design project
E. Monitoring the students and progress of project
A. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh
B. meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan
C. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan
D. berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya
E. Berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah
A. Lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi
B. Hal yang dapat mempengaruhi perubahan sifat peserta didik
C. Segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku
D. Lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat
E. Semua yang ada di sekeliling individu yang menimbulkan komunikasi
A. Membaca buku teks dan mengerjakan soal
B. Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar
C. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual
D. Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi
E. Menggambar poster pada kertas
A. Berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
B. Mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
C. Mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
D. Mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
E. Melakukan asesmen diagnostik melalui Platform Merdeka Mengajar
Jawaban: A.
A. Pelatihan Mandiri.
B. Video Inspirasi.
C. Ide Praktik.
D. Perangkat Ajar.
E. Asesmen Murid.
A. perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran
B. perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran
C. penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran
D. perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran
E. pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran
Baca Juga: Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 1 Guru Penggerak Kurikulum Merdeka
A. Menyajikan bahan tayang berupa video dari media sosial untuk memberikan gambaran nyata permasalahan yang diberikan
B. Memberikan tautan microsite yang berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan proyek
C. Mengakses fitur edugame pada Portal Rumah Belajar untuk memilih jenis permainan yang sesuai topik
D. Mengumpulkan data secara berkolaborasi dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar atau Video On Demand
E. Menyediakan pos pembelajaran digital untuk melakukan simulasi melalui fitur Laboratorium Maya di Rumah Belajar
A. Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
B. Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.
C. Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.
D. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.
E. Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.
A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak
B. Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi
C. Menghafal definisi dari buku catatan
D. Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami
E. Melakuan eksperimen dengan peralatan laboratorium
A. Assessment
B. Collaboration
C. Live event
D. Self Paced Learning
E. Performance Support Materials
A. Berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya
B. Kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan
C. Tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh
D. Meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan
E. Berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah
A. Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
B. Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil Asesmen Murid.
C. Langsung membuat modul ajar menggunakan fitur Perangkat Ajar.
D. Mencari inspirasi pembelajaran dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi.
E. Menampilkan materi ajar dan video pembelajaran menggunakan fitur Bukti Karya.
A. TCK (technological and content knowledge)
B. TPK (technological and pedagogical knowledge)
C. PCK (pedagogical and content knowledge)
D. PK (pedagogical knowledge)
E. TK (technological knowledge)
A. Responsibility
B. Open mindedness
C. Problem solving
D. Consistency
E. Wholeheartedness
A. Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
B. Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.
C. Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.
D. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.
E. Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.
A. PCK (Pedagogical and Content Knowledge)
B. TPK (Technological and Pedagogical Knowledge)
C. TCK (Technological and Content Knowledge)
D. PK (Pedagogical Knowledge)
E. TK (Technological Knowledge)
Baca Juga: Kunci Jawaban Contoh Soal Guru Penggerak 2024 Pretest Paket Modul 1
Sumber: /www.tribunnews.com/pendidikan