20 Soal Tes Akhir Post Test Modul 3 Guru Penggerak dan Jawabannya

10 September 2024 13:00 WIB
20 Soal Tes Akhir Post Test Modul 3 Guru Penggerak  dan Jawabannya
20 Soal Tes Akhir Post Test Modul 3 Guru Penggerak dan Jawabannya ( )

Sonora.ID - Simak contoh soal post test modul 3 guru penggerak 2024 beserta jawabannya.

Pada artikel ini terdapat 20 contoh soal post tes paket modul 3 guru penggerak 2024 dalam bentuk pilihan ganda.

Sebagai referensi, simak soal tes akhir post tes paket modul 3 guru penggerak 2024 beserta jawabannya berikut ini:

1. Pak Eka adalah kepala SMA makmur. Salah satu muridnya, Hari sangat berbakat dalam bidang olahraga.

Bahkan telah memenangkan beberapa pertandingan bola basket atas nama sekolah, dan sudah sampai ke tingkat nasional dan telah diterima di salah satu perguruan tinggi dambaannya karena keterampilan olahraganya.

Namun Hari sangat kurang dalam pembelajaran matematika, dan hasilnya pun menjelang ujian nasional di bawah KKM.

Walaupun telah dilakukan remedial dan bantuan, tetap saja nilai matematika kurang.

Bilamana nilai matematika Hari dibawah KKM bisa jadi Hari tidak bisa lulus padahal Hari telah diterima di salah satu perguruan tinggi yang didambakan dalam bidang olahraga.

Nilai matematika Hari ini bisa menjadi batu sandungan Hari dalam kelulusan Hari untuk mencapai cita-citanya.

Orang tua Hari telah menghadap pak Eka dan memohon agar nilai matematika Hari diberikan bantuan sehingga bisa diluluskan agar Hari bisa meneruskan kuliahnya di perguruan tinggi dambaannya.

Akhirnya pak Eka memutuskan untuk membantu Hari agar nilai matematikanya bisa memenuhi standar KKM agar dapat lulus kelas 12.

Berdasarkan kasus diatas, pernyataan di bawah ini yang menggambarkan prinsip berpikir pak Eka dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah…

a. Prinsip bahwa semua orang perlu di perlakukan sama, sehingga kita perlu berlaku adil

b. Prinsip bahwa kita seharusnya berpegang teguh pada aturan yang berlaku

c. Prinsip bahwa kebahagiaan orang terbanyak yang paling penting

d. prinsip bagaimana kalau saya di posisi dia, saya pun juga ingin diperlakukan sedemikian rupa*

e. Prinsip bahwa semua orang tidak terkecuali harus menjalani kewajibannya.

Kunci Jawaban: D

2. Untuk memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat maka kita perlu melakukan langkah-langkah pengambilan keputusan. Berikut adalah langkah-langkah pengambilan keputusan, kecuali….

a. Melihat lagi keputusan dan refleksikan

b. Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut

c. pengujian benar atau salah

d. mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi tersebut

e. melakukan prinsip berbasis peraturan*

Kunci Jawaban: E

Baca Juga: Contoh Jawaban Esai Guru Penggerak, Cocok Dijadikan sebagai Referensi

3. Ibu Shelly adalah kepala bagian administrasi baru di sebuah Sekolah Menengah Pertama.

Beberapa minggu yang lalu ibu kepala sekolah meminta ibu Shelly untuk ikut mendampingi dalam rapat pembelian buku-buku pembelajaran yang akan digunakan pada tahun ajaran tersebut.

Penerbit yang hadir mengatakan kepada kepala sekolah seta ibu shelly bila mereka membeli buku-buku dari penerbit mereka, maka mereka akan mendapatkan komisi, dan hal ini sudah berulang kali dilakukan oleh para kepala sekolah sebelumnya.

Selepas rapat, ibu kepala sekolah langsung meminta ibu Shelly untuk menindaklanjuti proses administrasi pembelian buku-buku tersebut.

Kasus yang dialami ibu Shelly bisa dikategorikan sebagai kasus yang berhubungan dengan …..

a. bujukan moral*

b. dilema etika

c. bujukan etika

d. prinsip moral

e. keadilan

Kunci Jawaban: a

4. Ibu Herlina adalah guru matematika kelas 5. Salah satu muridnya Simon sudah berkali-kali tidak mengumpulkan tugas.

Bahkan dari 10 tugas yang perlu dikumpulkan di semester ini, Simon baru mengumpulkan 2.

Simon sudah berkali-kali diingatkan oleh ibu herlina dan orang tua dari Simon juga telah di beritahukan bilamana sampai akhir semester tugas Simon tidak dikumpulkan maka akan berpengaruh kepada hasi lakhir kenaikan kelas Simon.

 

Pada saat bertemu dengan orang tua Simon lewat video call, terungkap bahwa Simon tidak memiliki perangkat gawai yang memadai untuk pembelajaran daring.

Telepon seluler yang ada hanya satu, itupun digunakan oleh ayah Simon yang merupakan tukang ojek, dan perlu bergantian menggunakan telepon seluler dengan adik Simon yang juga harus belajar secara daring.

Sementara ibu Herlina masih kesulitan untuk bertemu dan mengajar Simon karena wilayah sekolah dan tempat tinggal Simon masih berada diwilayah zona merah.

Berdasarkan kasus ibu Herlina diatas, paradigma dilema etika yang terjadi pada ibu Herlina adalah ….

a. Paradigma individu lawan masyarakat

b. Paradigma kebenaran lawan kesetiaan

c. Paradigma keadilan lawan rasa kasihan*

d. Paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

e. Paradigma benar lawan salah

Kunci Jawaban: C

5. Kondisi berikut ini akan muncul jika sebuah ekosistem sekolah tidak harmonis atau tidak ada interaksi yang baik antara faktor biotik dan abiotik yaitu…………

a. Sekolah akan berjalan dengan baik selama dukungan dana tetap mengalir

b. sekolah akan berjalan dengan baik karena guru tetap mengajar

c. sekolah tidak menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik*

d. sekolah tetap melakukan proses pembelajaran seperti biasa

e. sekolah tidak bisa menjadi sekolah yang terbaik

Kunci Jawaban: C

6. Anda adalah kepala sekolah yang memiliki fasilitas yang terbatas sebagai seorang pemimpin sekolah tentu anda diharapkan tetap dapat mengembangkan sekolah dengan kondisi tersebut langkah awal apakah yang paling tepat anda lakukan sebagai calon guru penggerak ?

 

a. berusaha bekerja sendiri semaksimal mungkin dengan kondisi yang ada agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

b. memanfaatkan sumber daya apapun yang dimiliki dengan memaksimalkan penggunaannya untuk pembelajaran.

c. menginventarisasi sumber daya yang dimiliki dan melaporkan kedinas terkait agar mendapat bantuan penuh.

d. melakukan rapat dengan guru -guru dan membuat rencana tindak lanjut.

e. melibatkan semua pihak untuk bekerja bersama agar pembelajaran tetap berjalan.

Kunci Jawaban: B

7. Anda seorang guru yang sedang memimpin rapat dalam MGMP mata pelajaran IPA terpadu.

Rapat ini akan membahas tentang banyaknya keluhan beberapa guru yang membutuhkan bantuan dana atau sponsor untuk sekolahnya karena tidak punya fasilitas yang memadai.

Akibatnya sulit untuk melakukan praktik lapangan maupun praktikum dalam laboratorium yang berkaitan dengan beberapa materi di pelajaran IPA terpadu.

 
Dari pilihan di bawah ini, pertanyaan yang paling tepat sebagai pemimpin untuk menyelesaikan inti masalah tersebut adalah
 

a. menanyakan tentang apa yang sudah dilakukan kepada sekolah untuk mengatasi masalah ini

 

b. menanyakan tentang sekolah mana saja yang sudah punya laboratorium

c. menanyakan tentang berapa dana BOS yang masih dimiliki oleh sekolah masing-masing untuk bisa dimaksimalkan

d. menanyakan tentang apa saja yang sudah dilakukan dan dimanfaatkan untuk bisa praktikum baik di lapangan maupun di laboratorium*

 

e. menanyakan tentang materi apa saja yang tidak bisa dilakukan praktikum baik dilapangan maupun di laboratorium

Kunci Jawaban: D

8. Dari berbagai aset atau modal utama yang dapat kita manfaatkan dalam sebuah komunitas, yang tidak termasuk dalam modal utama yang ada adalah …..

a. modal politik

b. modal budaya

c. modal finansial*

d. modal manusia

e. modal fisik.

Kunci Jawaban: C

Baca Juga: Kunci Jawaban Tes Awal Paket Modul 2 Guru Penggerak Tahun 2024

9. Saat murid menjadi pemimpin dan mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran mereka sendiri, hubungan yang tercipta antara guru dengan murid adalah hubungan yang bersifat kemitraan.

Dari beberapa pernyataan tentang tindakan guru atau murid di bawah ini, manakah yang mencerminkan kemitraan tersebut?

1) murid akan menunjukkan keterlibatan dan inisiatif dalam proses pembelajaran

2) murid akan menunjukkan ketergantungan yang tinggi terhadap arahan dari guru

3) murid akan menunjukkan tanggung jawab dalam proses pembelajaran mereka sendiri

4) guru akan banyak memberikan ide-ide kepada murid

5) guru akan menawarkan kesempatan kepada murid untuk menunjukkan kreatifitas dan mengambil resiko

6) guru akan berusaha secara aktif mendengarkan menghormati dan menanggapi ide-ide, pendapat, pertanyaan, aspirasi dan perspektif murid-murid mereka.

a. 2,4,5,6

b. 1,3,5,6*

c. 1,2,3,4

d. 1,2,3,6

e. 1,3,6,4

Kunci Jawaban: B

10. Perhatikan pernyataan berikut !

1) melibatkan murid untuk mengatur kelas mereka sendiri

2) meminta murid untuk memperbaiki taman sekolah yang rusak

3) mengundang pemuka masyarakat untuk menjadi teman diskusi murid yang ingin membantu mengurai kemacetan di sekitar sekolah

4) mendiskusikan keyakinan kelas dan membuat kesepakatan kelas bersama murid

5) memberikan murid tugas kelompok untuk mengumpulkan barang-barang tertentu untuk disumbangkan pada korban bencana alam.

Dari pernyataan-pernyataan tindakan guru diatas, manakah yang bukan merupakan tindakan mendorong suara, pilihan dan kepemilikan murid ?

a. 2 dan 3

b. 2 dan 5*

c. 3 dan 4

d. 4 dan 5

e. 1 dan 3

Kunci Jawaban: B

11. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun program/kegiatan pembelajaran yang berdampak pada murid dengan cara yang positif dan apresiatif, adalah...

a. (1) Profil Pelajar Pancasila,

(2) aset dan kekuatan yang sekolah miliki,

(3) lingkungan yang menumbuh-kembangkan keterampilan mengidentifikasi masalah,

(4) suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

b. (1) Profil Pelajar Pancasila,

(2) aset dan kekuatan yang sekolah miliki,

(3) lingkungan yang menumbuh-kembangkan kepemimpinan murid,

(4) suara, pilihan, dan kepemilikan murid.*

c. (1)Profil Pelajar Pancasila,

(2) keterbatasan anggaran,

(3) lingkungan yang menumbuh-kembangkan kepemimpinan murid,

(4) suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

d. (1) Profil Pelajar Pancasila,

(2) permasalahan yang sekolah hadapi,

(3) lingkungan yang menumbuh- kembangkan keterampilan memecahkan masalah,

(4) suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

Kunci Jawaban : b

12. Ibu Senja sedikit khawatir dengan kurangnya kepedulian murid terhadap kebersihan sekolah. Murid-muridnya lebih bergantung pada petugas kebersihan sekolah.

Diantara beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh Ibu Senja berikut ini, manakah strategi pelibatan komunitas yang menurut Anda paling tepat untuk menumbuhkan kepemimpinan murid?

a. Meminta petugas kebersihan untuk mengawasi murid secara ketat dan menerapkan konsekuensi bagi murid yang membuang sampah sembarangan dan tidak menjaga kebersihan sekolah.

b. Mengintegrasikan materi tentang pentingnya kebersihan dalam proses pembelajaran di kelas, melakukan refleksi dan kemudian menginstruksikan murid untuk melakukan aksi nyata membantu petugas kebersihan.

c. Meminta para anggota OSIS untuk melakukan kampanye dan memasang poster tentang pentingnya menjaga kebersihan di berbagai area yang mudah dilihat sehingga menginspirasi murid-murid.

d. Mengundang petugas kebersihan untuk berbicara di kelas sebagai pembicara tahu untuk menjelaskan serta mengingatkan murid-murid tentang pentingnya menjaga kebersihan sekolah.

e. Merancang kegiatan 'sehari bersama petugas kebersihan' untuk mengobservasi bagaimana petugas kebersihan bekerja. Murid kemudian melakukan refleksi dan merancang aksi nyata berdasarkan refleksi tersebut.*

Kunci Jawaban : e

13. Pilihlah Istilah yang tepat untuk definisi Berikut:

Cara praktis menemukenali hal-hal positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, dan yang menjadi kekuatan yang positif.

Jawaban : Berpikir berbasis aset*

Penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya

Jawaban : Investigasi opsi trilema*

Penyampaian pesan secara sistematis dan objektif yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu bagian organisasi kepada bagian lain atau lembaga lain untuk pengambilan keputusan atau memecahkan persoalan

Jawaban : reporting*

14. Seorang kepala sekolah akan mengadakan acara perpisahan pada akhir tahun ajaran.

Namun, berdasarkan rencana anggaran yang direncanakan, ternyata dana yang dibutuhkan cukup besar dan tidak sesuai dengan anggaran sekolah yang tersedia.

Kepala sekolah melakukan diskusi dengan beberapa guru untuk tetap melakukan acara perpisahan dengan menggunakan apa yang ada dan yang bisa dilakukan oleh sekolah agar acara perpisahan tetap terlaksana

Gambaran tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut mendeskripsikan karakter komunitas yang sehat dan resilien dalam Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) yaitu ….

a. Mempraktikkan dialog berkelanjutan dan partisipasi anggota masyarakat, yaitu perilaku yang menghargai keragaman dan mendorong dialog penduduk yang aktif, partisipasi dan kepemilikan masyarakat atas masa depan.*

b. Menghasilkan kepemimpinan, yaitu perilaku yang terus-menerus memperluas dan memperbaharui kapasitas kepemimpinan masyarakat.

c. Membangun koneksi dan kolaborasi, yaitu perilaku yang mendorong perencanaan dan tindakan kolaboratif, jaringan dan hubungan yang kuat antara penduduk, organisasi, bisnis, dan komunitas.

d. Merangkul perubahan dan bertanggung jawab, yaitu perilaku yang memperkuat kemampuan masyarakat untuk mengatasi perubahan dan pulih dari krisis.

e. Membentuk masa depannya, yaitu perilaku yang memungkinkan visi komunitas bersama tentang masa depan, sebagaimana tercermin dalam tujuan praktis komunitas, rencana aksi, dan peringkat prioritas.

Kunci Jawaban : a

15. P Budi diberi kepercayaan oleh Kepala Sekolah sebagai pembina OSIS di sekolahnya. Setelah terbentuk pengurus OSIS yang baru, Pak Budi mengajak pengurus OSIS untuk menyusun program kegiatan yang dapat memfasilitasi pengembangan minat dan bakat siswa-siswa di sekolah.

Pak Budi mengarahkan kepada pengurus OSIS untuk bisa mencari bentuk-bentuk kegiatan yang bisa dilakukan dalam setahun sebagai wujud unjuk performance siswa yang telah mengembangkan minat dan bakatnya dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

Upaya yang dilakukan P Budi sebagai pembina OSIS merupakan bentuk promosi dari....

a. Suara Murid

b. Ketentuan Murid

c. Pilihan Murid

d. Kepemilikan Murid*

e. Kesepakatan Murid

Kunci Jawaban : d

Baca Juga: Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 1 Guru Penggerak Kurikulum Merdeka

16. Salah satu visi suatu sekolah yaitu menciptakan lulusan yang memiliki profil pelajar pancasila yang berjiwa gotong royong.

Aset yang dimiliki sekolah:

1. Prestasi akademik dan non akademik siswa

2. Ruang kelas dan toilet siswa sudah sesuai standar

3. Hubungan baik dengan Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait

4. Keanekaragaman suku, ras, dan agama para siswa

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai visi sekolah tersebut berdasarkan aset yang dimiliki sekolah yang mencerminkan pendekatan asset based thinking, adalah ….

a. Kegiatan les tambahan dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara rutin

b. Rapat dengan komite sekolah dan stakeholder terkait pembiayaan sekolah secara rutin

c. Perayaan hari besar di sekolah secara rutin

d. IHT untuk guru terkait topik pembelajaran Sosial Emosional

e. Gotong royong kebersihan setiap hari jumat di sekitar sekolah*

Kunci Jawaban : e

17. Nigel adalah seorang murid kelas XII yang sangat berbakat dalam bidang seni. Dia juga sopan dan dikenal sebagai anak yang baik.

Karya-karya seni yang dibuatnya sangat mengesankan.

Namun di sisi lain, Nigel kurang memahami dan menguasai Matematika. Nilai Matematikanya selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Sebelum mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) SMA dan pengumuman kelulusan SMA, Nigel sudah diterima di universitas pilihannya di jurusan Seni Rupa tanpa tes dan dengan beasiswa.

Di saat UAS pada mata ujian Matematika, Pak Didi memergoki Nigel menyontek. Rayhan pun sudah mengakuinya ketika ditanya. Setelah ujian selesai, Pak Didi menghadap kepala sekolah, Ibu Dian.

Ibu Dian memahami bahwa jika sekolah menindaklanjuti kasus ini, Nigel bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di universitas impiannya.

Dan bila sekolah menyimpan kejadian ini rapat-rapat, mungkin guru, siswa, orang tua, pemangku kepentingan akan mempertanyakan dan itu artinya reputasi sekolah dipertaruhkan.

Kasus Ibu Kepala sekolah Dan di atas merupakan contoh kasus …

a. Dilema etika*

b. Bujukan etika

c. Prinsip moral

d. Bujukan moral

e. Rasa belas kasihan

Kunci Jawaban : a

18. Nigel adalah seorang murid kelas XII yang sangat berbakat dalam bidang seni. Dia juga sopan dan dikenal sebagai anak yang baik.

Karya-karya seni yang dibuatnya sangat mengesankan. Namun di sisi lain, Nigel kurang memahami dan menguasai Matematika.

Nilai Matematikanya selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebelum mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) SMA dan pengumuman kelulusan SMA, Nigel sudah diterima di universitas pilihannya di jurusan Seni Rupa tanpa tes dan dengan beasiswa.

Di saat UAS pada mata ujian Matematika, Pak Didi memergoki Nigel menyontek.

Rayhan pun sudah mengakuinya ketika ditanya. Setelah ujian selesai, Pak Didi menghadap kepala sekolah, Ibu Dian.

Ibu Dian memahami bahwa jika sekolah menindaklanjuti kasus ini, Nigel bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di universitas impiannya.

Dan bila sekolah menyimpan kejadian ini rapat-rapat, mungkin guru, siswa, orang tua, pemangku kepentingan akan mempertanyakan dan itu artinya reputasi sekolah dipertaruhkan.

Berdasarkan kasus Ibu Dian di atas, paradigma dilema etika yang terjadi pada Ibu Dian adalah….

a. paradigma kebenaran lawan kesetiaan

b. paradigma keadilan lawan rasa kasihan*

c. paradigma benar lawan salah

d. paradigma individu lawan masyarakat

e. paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

Kunci Jawaban : b

19. Untuk memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat, maka kita perlu melakukan langkah-langkah pengujian keputusan. Berikut adalah langkah-langkah pengujian keputusan, kecuali ….

a. melihat lagi keputusan dan refleksikan

b. menerapkan paradigma benar atau salah*

c. mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut

d. mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi tersebut

e. melakukan prinsip berdasarkan hasil akhir

Kunci Jawaban : b

20. Ibu Lidya, seorang guru PAUD sekolahnya menerapkan sistem Belajar dari Rumah, yang mengkombinasikan pembelajaran sinkron dan asinkron.

Bu Lidya membuat rancangan aktivitas pembelajaran yang tertuang dalam bentuk ‘Choice Board’ atau “Papan Pilihan” dengan berdiskusi bersama rekan sejawat di sekolah. Untuk menjalankan aktivitas tersebut murid butuh pendampingan orang tua. Bu Lidya setiap minggu mengunjungi orang tua untuk memberi penjelasan tentang aktivitas yang digunakan dalam pembelajaran

Strategi yang digunakan untuk mengembangkan kepemimpinan murid berdasarkan kasus di atas adalah….

a. Keterlibatan komunitas kelas

b. Keterlibatan komunitas sekolah

c. Keterlibatan komunitas keluarga*

d. Keterlibatan komunitas yang lebih luas

e. Keterlibatan sekitar sekolah

Kunci Jawaban : c

Baca Juga: Contoh Soal Post Test Modul 2.3 Guru Penggerak dan Jawabannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm