25 Contoh Soal PCK PPG Prajabatan 2024 Terlengkap untuk Latihan

17 September 2024 18:01 WIB
Ilustrasi soal PCK PPG Prajabatan.
Ilustrasi soal PCK PPG Prajabatan. ( Pixabay)

Sonora.ID - Soal PCK PPG Prajabatan dapat menjadi bahan belajar peserta sebelum menghadapi ujian kompetensi.

Lewat contoh soal PCK PPG Prajabatan, peserta dapat mengetahui gambaran materi yang mungkin keluar saat ujian.

Soal PCK PPG Prajabatan juga menjadi salah satu alat ukur untuk menilai kemampuan dan capaian pembelajaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Adapun PCK (Pedagogical Content Knowledge) merupakan pengetahuan yang dimiliki guru soal cara mengajarkan suatu materi pelajaran.

Pengetahuan ini mencakup pemahaman guru tentang materi pelajaran, pengelolaan kelas, perencanaan pembelajaran, dan penilaian kegiatan siswa.

Berikut ini 25 contoh soal PCK PPG Prajabatan dan kunci jawabannya dikutip dari berbagai sumber.

1. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan antara rangsangan dari luar dan balasan dari siswa yang dapat diamati. Semakin sering hubungan antara rangsangan dan balasan terjadi maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah?

A. Behaviorisme
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Sibernetik

Jawaban: A

2. Ibu Ani mengajar kelas VI pada materi IPA dengan indikator "mempraktikkan" perkembangbiakan vegetatif buatan dengan mencangkok. Dalam pembelajarannya, Ibu Ani menggunakan media gambar dan video cara mencangkok. Setelah melaksanakan pembelajaran hasil siswanya sebagai berikut: 35% siswa di atas KKM dan 72% lain memiliki kemampuan belajar kinestetik sehingga siswa sulit fokus saat pembelajaran. Pernyataan yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah?

A. Masalahnya siswa belum memahami langkah-langkah dalam mencangkok, solusinya menggunakan pembelajaran penemuan.
B. Masalahnya siswa tidak mampu mengidentifikasi dalam mencangkok dan metodenya menggunakan metode ceramah.
C. Masalahnya metode yang digunakan kurang sesuai dengan indikator dan solusinya menggunakan metode eksperimen.
D. Masalahnya siswa hanya memperhatikan video dan media gambar tetapi tidak dijelaskan oleh guru, solusinya menggunakan metode ceramah.

Jawaban: C

3. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tuas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu?

A. Daftar cek (check list)
B. Benar salah (true false)
C. Pilihan ganda (multiple choice)
D. Menjodohkan (matching)

Jawaban: A

4. Faktor yang penting dipertimbangkn guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah?

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang terus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran
D. Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa

Jawaban: B

Baca Juga: 40 Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 dan Jawabannya

5. Pada saat pembelajaran matematika, guru memberikan soal-soal yang bersifat terbuka kepada peserta didik. Tujuan guru memberikan soal-soal tersebut adalah untuk?

A. Menguji kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah
B. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data

Jawaban: C

6. Pak Salman melakukan protes kepada 32 siswa pada akhir pembelajran. KKM yang harus dicapai siswa adalah 70. Hasil protes siswa sebagai berikut: 3 orang mendapatkan 80, 5 orang mendapat 75, 2 orang mendapat 70, 20 orang mendapat nilai 60, dan 2 orang mendapat 50. Hal yang harus dilakukan Pak Salman?

A. Guru memberikan pengayaan kepada siswa yang belum tuntas di luar jam pembelajaran.
B. Guru mengajar kembali pada materi yang sama kepada seluruh siswa dengan menggunakan metode dan media yang berbeda.
C. Guru mengajar kembali pada materi yang sama kepada seluruh siswa yang belum mencapai KKM dengan menggunakan metode dan media yang berbeda.
D. Guru memberikan pembelajaran kelompok kepada seluruh siswa yang tidak mencapai KKM.

Jawaban: B

7. Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan gambar kepada peserta didik untuk diamati. Tujuan guru memberikan gambar tersebut adalah untuk?

A. Melatih kemampuan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan

Jawaban: A

8. Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat karangan. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengemukakan pendapat

Jawaban: A

9. Pada saat pembelajaran IPS, guru menggunakan metode diskusi untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan metode diskusi tersebut adalah untuk?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah

Jawaban: B

10. Pada saat pembelajaran matematika, guru memberikan soal-soal yang bersifat kontekstual kepada peserta didik. Tujuan guru memberikan soal-soal tersebut adalah untuk?

A. Menguji kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah
B. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data

Jawaban: A

Soal PCK PPG Prajabatan no 11-25

11. Sebagai guru, Anda diharapkan mampu mengelola kelas dengan efektif. Suatu Ketika Anda sebagai guru di sekolah dihadapkan engan situasi kelas yang tidak kondusif dari para peserta didik yang suka mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Langkah yang Anda ambil dalam mengatasi situasi tersebut adalah?

A. Membuat kontrak pembelajaran Bersama peserta didik
B. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat
C. Memberi tugas tambahan kepada peserta didik yang mengobrol
D. Menegur secara lisan peserta didik yang mengobrol
E. Memberikan hukuman pada peserta didik yang mengobrol

Jawaban: A

12. Pak Sahid mendapati 3 peserta didiknya mengantuk di kelas. Berdasarkan informasi dari orang tua dan juga teman-teman, mereka sering bermain game terlalu lama dan merasa jenuh dengan pembelajaran di kelas. Tindakan pertama yang tepat bagi Pak Sahid adalah?

A. Merancang pembelajaran dengan game dan melarang bermain game di rumah
B. Melarang anak bermain game bekerja sama dengan orang tua untuk pengawasannya
C. Menyediakan game di sekolah di bawah pengawasan guru dan kepala sekolah
D. Merefleksikan diri tentang cara mengajar dan berusaha merasakan yang dialami oleh peserta didik
E. Menasihati ketiga anak tersebut agar tidak lagi bermain game larut malam

Jawaban: D

13. Seorang guru Matematika ingin mengajarkan konsep skala melalui denah kepada siswa kelas 5 SD. Denah yang digunakan memiliki skala 1 cm = 3 m. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa digunakan oleh guru tersebut dalam pengajaran.

Pilihlah metode yang paling efektif untuk membantu siswa memahami konsep skala.

A. Menggunakan video tutorial yang menjelaskan teori skala secara umum tanpa melibatkan aktivitas praktis.
B. Menggunakan denah sederhana dengan skala dan meminta siswa untuk menghitung ukuran sebenarnya dari beberapa objek, kemudia mendiskusikan hasilnya dalam kelompok.
C. Memberikan worksheet yang berisi soal perhitungan skala tanpa penjelasan awal tentang konsep skala.
D. Memberikan denah kompleks dengan skala yang berbeda-beda dan meminta siswa untuk menghitung ukuran tanpa bantuan atau penjelasan lebih lanjut.
E. Menggunakan alat ukur digital untuk mengukur jarak pada denah dan langsung memberikan jawaban kepada siswa tanpa penjelasan proses hitungan.

Jawaban: B

Baca Juga: 35 Contoh Soal UP PPG Daljab 2024 dan Kunci Jawabannya untuk Belajar

14. Pada saat pembelajaran IPAS, guru menggunakan metode diskusi untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan metode diskusi tersebut adalah?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
C. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memecehkan masalah

Jawaban: B

15. Seorang guru informatika melaksanakan asesmen yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi dan juga mendapatkan informasi perkembagan peserta didik. Asesmen yang dilakukan oleh guru tersebut dalam pembelajaran disebut?

A. Asesmen diagnostik
B. Asesmen diagnostik non kognitif
C. Asesmen formatif
D. Asesmen diagnostik kognitif
C. Asesmen sumatif

Jawaban: A

16. Pada saat pembelajaran matematika, guru menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga. Tujuan guru menggunakan media pembelajaran tersebut adalah?

A. Memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran
B. Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar
C. Mencegah peserta didik dari kebosanan
D. Memvariasikan metode pembelajaran
E. Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah

Jawaban: A

17. Bagaimana hubungan antara tujuan pembelajaran dan indikator pembelajaran dalam konteks PCK?

A. Tidak ada hubungan antara keduanya
B. Tujuan pembelajaran merupakan bagian dari indikator pembelajaran
C. Indikator pembelajaran membantu dalam menentukan tujuan pembelajaran
D. Tujuan pembelajaran dan indikator pembelajaran adalah hal yang sama
E. Tujuan pembelajaran dan indikator pembelajaran saling terpisah dan tidak terkait.

Jawaban: C

18. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang kosakata baru, indikator yang sesuai adalah?

A. Siswa mampu menyebutkan arti dari kata-kata tersebut
B. Siswa mampu menuliskan kata-kata tersebut dalam kalimat
C. Siswa mampu menerjemahkan kata-kata tersebut ke dalam bahasa ibu mereka
D. Siswa mampu mengingat semua kata-kata baru yang diajarkan.
E. Siswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan kata-kata tersebut dalam percakapan sehari-hari.

Jawaban: E

19. Seorang guru sejarah ingin mengajarkan tentang Perang Dunia II kepada siswanya. Bagaimana penggunakan PCK dapat membantu dalam pendekatan pembelajaran ini?

A. Memberikan kuliah tentang peristiwa-peristiwa penting dalam Perang Dunia II.
B. Menyajikan daftar tanggal penting dalam kronologi Perang Dunia II
C. Menggunakan film dokumenter tentang Perang Dunia II
D. Melibatkan siswa dalam simulasi atau permainan peran tentang peristiwa-peristiwa dalam perang.
E. Memberikan tugas penulisan esai tentang dampak Perang Dunia II di seluruh dunia.

Jawaban: D

20. Tujuan pembelajaran suatu materi dapat membantu mengarahkan proses belajar-mengajar. Pilihlah pernyataan yang paling tepat mengenai tujuan pembelajaran?

A. Tujuan pembelajaran harus bersifat umum agar dapat mencakup berbagai aspek.
B. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dan dapat dicapai.
C. Tujuan pembelajaran tidak perlu dinyatakan secara jelas kepada siswa.
D. Tujuan pembelajaran harus seragam untuk semua siswa.
E. Tujuan pembelajaran hanya relevan untuk guru bukan untuk siswa

Jawaban: B

21. Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru menggunakan metode ceramah untuk membahas suatu topik. Tujuan guru menggunakan metode ceramah tersebut adalah untuk?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mendengarkan
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis

Jawaban: B

22. Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat puisi. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami isi puisi
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengapresiasi puisi
D. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis puisi
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berdiskusi

Jawaban: D

23. Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat film pendek. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan

Jawaban: C dan D

24. Pada saat pembelajaran IPA, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat laporan praktikum. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengamati
B. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menganalisis data
C. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis
D. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan

Jawaban: E

25. Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat poster. Tujuan guru memberikan tugas tersebut adalah untuk?

A. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam menulis
B. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis
C. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif
D. Melatih kemampuan peserta didik dalam menganalisis data
E. Mengembangkan keterampilan peserta didik dalam mengemukakan pendapat

Jawaban: A

Demikian 25 contoh soal PCK PPG Prajabatan dan kunci jawabannya sebagai referensi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm