Arti Child Grooming, Tanda-tanda, Dampak, dan Pencegahan, Orang Tua Wajib Waspada!

26 September 2024 16:30 WIB
Ilustrasi, arti child grooming, penjelasan, tanda-tanda, dampak, dan pencegahannya
Ilustrasi, arti child grooming, penjelasan, tanda-tanda, dampak, dan pencegahannya ( Freepik)

Sonora.ID - Pernahkah Sahabat Sonora mendengar istilah child grooming’? Ternyata masih banyak orang yang masih merasa asing dengan istilah tersebut. Lantas, apa arti child grooming?

Saat ini, teknologi dan media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak-anak dan remaja. 

Namun, sayangnya, kemudahan akses ini juga membuka celah bagi berbagai ancaman, termasuk ancaman child grooming. 

Mungkin istilah ini masih terdengar asing bagi sebagian dari kita, tapi memahami apa itu child grooming dan bagaimana cara melindungi anak-anak dari bahaya ini sangat penting. 

Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Child Grooming, Waspada Kriss Hatta Pacari Gadis Usia 14 Tahun

Arti Child Grooming

Menurut American Psychological Association (APA), child grooming adalah tindakan manipulatif yang dilakukan oleh seorang individu dewasa untuk membangun hubungan emosional dengan anak atau remaja dengan tujuan mengeksploitasi mereka, khususnya dalam konteks pelecehan seksual. 

APA menekankan bahwa grooming adalah proses bertahap yang dirancang untuk membuat korban merasa nyaman dan percaya pada pelaku, sehingga memudahkan tindakan eksploitasi.

Sementara menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), child grooming sebagai salah satu bentuk kejahatan seksual yang dilakukan melalui tahapan-tahapan pendekatan emosional yang pada akhirnya berujung pada eksploitasi anak. 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm