Kunci Jawaban Modul 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2 IKM Pintar Kemenag

4 November 2024 14:00 WIB
Kunci Jawaban Modul 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2 IKM Pintar Kemenag
Kunci Jawaban Modul 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2 IKM Pintar Kemenag ( )

Sonora.ID - Simak kunci jawaban modul 3.3 kurikulum madrasah bagian 2 IKM Pintar Kemenag berikut ini.

Kumpulan kunci jawaban soal dari Modul 3.3 pada Pelatihan IKM KMA 450 Tahun 2024 untuk jenjang MI di Pintar Kemenag ini dirangkum dari kanal YouTube Mr. Setiana.

Berikut ini kunci jawaban modul 3.3 kurikulum madrasah bagian 2 IKM Pintar Kemenag yang bisa dijadikan referensi:

1. Madrasah Al-Kahfi mempertimbangkan sudut pandang/masukan dari berbagai pemangku kepentingan di Madrasah dalam meninjau ulang secara menyeluruh dan merumuskan kembali visi, misi dan tujuan berdasarkan analisis karakteristik Madrasah. Tahapan refleksi pada Madrasah tersebut masuk pada tahap...

A. Siap

B. Mahir

C. Awal

D. Berkembang

Jawaban: B

2. Madrasah Alif Ba Ta, telah memiliki dokumen Kurikulum Madrasah, urutan langkah-langkah penyusunan kurikulum madrasah yang benar dibawah ini adalah

A. (1) Merancang Evaluasi Pengembangan Profesional dan Pendampingan, (2) Menganalisis konteks Karakteristik Madrasah, (3) Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan, (4) Menentukan Organisasi Pembelajaran, (5) Menyusun Rencana Pembelajaran,

B. (1) Menganalisis konteks Karakteristik Madrasah, (2) Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan, (3) Menyusun Rencana Pembelajaran, (4) Menentukan Organisasi Pembelajaran, (5) Merancang Evaluasi Pengembangan Profesional dan Pendampingan.

C. (1) Merancang Evaluasi Pengembangan Profesional dan Pendampingan, (2) Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan, (3) Menentukan Organisasi Pembelajaran, (4) Menyusun Rencana Pembelajaran, (5) Menganalisis konteks Karakteristik Madrasah.

D. (1) Menganalisis konteks Karakteristik Madrasah, (2) Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan, (3) Menentukan Organisasi Pembelajaran, (4) Menyusun Rencana Pembelajaran, (5) Merancang Evaluasi Pengembangan Profesional dan Pendampingan.*

Jawaban: D

Baca Juga: Kunci Jawaban Pintar Kemenag Implementasi Kurikulum Madrasah

3. Madrasah yang menggunakan inspirasi dokumen perencanaan pembelajaran, seperti Alur Tujuan Pembelajaran, Perangkat Ajar, dan diakhiri dengan refleksi pembelajaran. Merupakan tahapan perencanaan pembelajaran pada tahap..

A. Awal*

B. Siap

C. Berkembang

D. Mahir

Jawaban: D

4. Pada penyusunan perencanaan pembelajaran Madrasah Al-Fatihah merumuskannya dengan mempertimbangkan hal-hal berikut kecuali..

A. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

B. Merancang Pembelajaran dan Asesmen

C. Memahami Karakteristik Madrasah*

D. Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Jawaban: C

5. Madrasah Kaf Lam Mim akan merumuskan visi Madrasah sebagai acuan utama dalam merancang pembelajaran yang berkualitas. Dibawah ini adalah indikator penyusun visi Madrasah kecuali...

 

A. Visi merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai Madrasah

B. Visi dapat memberikan panduan/arahan serta motivasi

C. Visi disesuaikan dengan kebutuhan Kepala Madrasah*

D. Visi harus tampak realistis, kredibel dan atraktif serta mudah dipahami

Jawaban: C

Baca Juga: Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Pelatihan Teknis E Kinerja

6. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip dalam merumuskan tujuan yang berpusat pada peserta didik di Madrasah, kecuali...

A. Menggunakan PSRA sebagai alat untuk melakukan refleksi dan analisis

B. Menjadikan PSRA sebagai prinsip utama setiap program Madrasah*

C. Melakukan evaluasi berkesinambungan program Madrasah

D. Mengevaluasi secara kritis lingkungan belajar pada Madrasah

Jawaban: B

7. Madrasah Alif Lam Mim mengembankan dokumen dalam merencanakan pembelajaran seperti Alur Tujuan Pembelajaran dan Perangkat Ajar berdasarkan refleksi yang telah dilakukan dan pencarian sumber-sumber lain yang diperoleh tanpa mengabaikan prinsip-prinsip penyusunan. Tahapan perencanaan pembelajaran ini masuk pada kategori tahap..

A. Siap

B. Awal*

C. Berkembang

D. Mahir

Jawaban: B

8. Pengumpulan Informasi oleh Madrasah dapat dilakukan untuk mengetahui karakteristik Madrasah, pengumpulan informasi ini dapat melalui...

A. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Diskusi Kelompok, (4) Observasi*

B. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Diskusi Kelompok, (4) Analisis Konteks

C. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Mengamati, (4) Observasi

D. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Dokumen, (4) Observasi

Jawaban: A

9. Dibawah ini adalah pronsip-prinsip pembelajaran bermakna kecuali...

A. Muatan pembelajaran disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan madrasah

B. Pengetahuan yang akan dipelajari harus masuk akan bagi peserta didik*

C. Pendekatan yang berpusat pada peserta didik

D. Melibatkan banyak referensi dan sumber belajar

Jawaban: B

10. Di bawah ini adalah komponen yang harus ada pada Perencanaan Pembelajaran kecuali..

A. Kegiatan Pembelajaran

B. Penilaian Dan Asesmen

C. Identitas Madrasah*

D. Tujuan Pembelajaran

Jawaban: C

Baca Juga: Kunci Jawaban PTK Pintar Kemenag 3.8: Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm