Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal PPPK Operator Layanan Operasional, lengkap dengan jawabannya yang bisa jadikan materi belajar di rumah.
Operator Layanan Operasional menjadi salah satu formasi yang dibuka dalam pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2024.
Jabatan ini juga terbuka bagi pelamar lulusan SMA dan sederajat.
Formasi ini termasuk dalam jenis pengadaan PPPK Teknis. Secara umum, operator layanan operasional PPPK memiliki tugas yang berhubungan dengan berbagai layanan publik yang telah disediakan oleh pemerintah.
PPPK Teknis adalah jenis pengadaan yang diperuntukkan dalam lingkup fungsional tenaga teknis. PPPK tenaga teknis ini meliputi berbagai instansi kementerian.
Baca Juga: 25 Contoh Soal PPPK Penata Layanan Operasional, dengan Jawabannya
Operator layanan operasional merupakan jabatan yang melaksanakan fungsi-fungsi operasional dalam berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, administrasi, dan lainnya.
Tugas secara rincinya, bergantung pada institusi maupun unit kerja.
Nah, dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), khususnya untuk posisi Operator Layanan Operasional.
Namun perlu diingat, ini hanyalah contoh soal PPPK Operator Layanan Operasional, sehingga sangat mungkin berbeda dengan soal yang asli.
1. Seorang Operator Layanan Operasional menemukan bahwa server jaringan berjalan sangat lambat. Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi penyebabnya?
A. Melakukan restart server.
B. Mengecek penggunaan CPU dan RAM server.
C. Menghubungi penyedia layanan internet.
D. Memperbarui perangkat lunak server.
E. Memeriksa kabel jaringan.
Jawaban: B
2. Seorang operator ditugaskan untuk mengurus beberapa sarana kantor. Berikut adalah sarana yang diurus kecuali:
A. Scanner
B. Komputer
C. Ruang rapat
D. ATK (Alat Tulis Kantor)
Jawaban: C
3. Sebagai petugas operasional yang ditugaskan di bagian pengemudi kendaraan dinas, tugas manakah yang tidak termasuk dalam tugas pengemudi kendaraan dinas?
A. Mengemudikan kendaraan dinas dan/atau operasional
B. Menggunakan kendaraan ke luar daerah tanpa tugas atasan
C. Mencatat kondisi kendaraan
D. Membersihkan kendaraan sebelum dan sesudah digunakan
Jawaban: B
4. Seorang Operator Layanan Operasional harus memastikan kelancaran operasi selama pemadaman listrik yang tidak terduga. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga operasi tetap berjalan?
A. Menggunakan generator cadangan.
B. Mematikan semua perangkat.
C. Meminta semua staf untuk berhenti bekerja.
D. Menghubungi penyedia listrik.
E. Menjalankan sistem pada mode hemat energi.
Jawaban: A
5. Sebagai operator layanan operasional, salah satu tugasnya adalah menjaga keamanan lingkungan dinas. Berikut adalah tugas menjaga lingkungan dinas kecuali:
A. Mengelola prosedur
B. Menjaga kantor
C. Menerima tamu
D. Memeriksa parkir
Jawaban: A
6. Permendagri Nomor 07 Tahun 2006 mengatur tentang standarisasi sarana dan prasarana kerja di dalam lingkungan:
A. Lingkungan pendidikan di pusat
B. Pemerintah pusat
C. Perkantoran
D. Pemerintah daerah
Jawaban: D
Jawaban: E
7. Sistem mengalami downtime yang tidak terduga selama jam kerja. Apa yang seharusnya dilakukan seorang Operator Layanan Operasional untuk meminimalkan dampak pada operasi?
A. Menghubungi tim teknis.
B. Menginformasikan kepada manajemen.
C. Mengalihkan layanan ke sistem cadangan.
D. Menunggu sistem kembali normal.
E. Menghubungi pelanggan.
Jawaban: C
8. Kegiatan menyatukan dokumen yang sejenis dan dibuat seperti buku dengan tujuan agar dokumen tersebut tidak mudah hilang, merupakan kegiatan.....
A. Pustaka.
B. Kliping.
C. Binding/penjilid.
D. Pembuatan buku.
E. Pengarsipan.
Jawaban: C
9. Alat yang berfungsi untuk melubangi dokumen agar bisa dimasukkan ke dalam map snelhecter/ ordner dalam memproses dokumen, disebut....
A. Perforator.
B. Stepler.
C. Remover.
D. Steples.
E. Stempel.
Jawaban: A
10. Seorang Operator Layanan Operasional perlu memastikan bahwa sistem berjalan optimal setelah pembaruan perangkat lunak besar. Apa yang harus diperiksa terlebih dahulu?
A. Kinerja CPU.
B. Ketersediaan memori.
C. Kondisi jaringan.
D. Respons aplikasi.
E. Kompatibilitas perangkat lunak.
Jawaban: E
11. Jika hendak mencari kembali dokumen tentang "latihan training" dengan menggunakan filing sistem subjek, maka dapat dicari dalam laci ....
A. Personalia.
B. Training.
C. Latihan training.
D. Pendidikan.
E. Kepegawaian.
Jawaban: B
12. Sistem pemantauan mendeteksi anomali dalam data yang diolah. Langkah apa yang harus diambil untuk memastikan keakuratan data?
A. Mengabaikan anomali.
B. Mengganti perangkat keras.
C. Melakukan backup data.
D. Memverifikasi sumber data.
E. Menyetel ulang sistem pemantauan.
Jawaban: D
13. Surat yang berisi masalah yang harus diselesaikan sesegera mungkin oleh beberapa pejabat sekaligus, maka langkah penanganan surat yang tepat adalah ....
A. Surat diperbanyak dan diserahkan kepada pejabat yang terkait.
B. Surat ditangani oleh pejabat tertentu dulu sampai selesai, baru ditangani pejabat lain.
C. Surat langsung disampaikan kepada salah satu pejabat untuk dibaca bergantian.
D. Surat dikumpulkan untuk membalas bersama-sama.
E. Surat diserahkan kepada pejabat yang berkompeten terhadap masalah tersebut.
Jawaban: E
14. Dalam pengelolaan layanan publik, hal apa yang paling penting bagi seorang penata layanan operasional?
A. Menerapkan sistem yang rumit agar layanan lebih eksklusif
B. Memastikan layanan publik mudah diakses oleh masyarakat
C. Menetapkan standar yang tinggi tanpa mempertimbangkan kondisi lapangan
D. Menyediakan layanan hanya untuk kalangan tertentu
Jawaban: B
15. Dalam memproses dokumen, peralatan kantor yang digunakan adalah....
A. Kartu kendali dan daftar pengendali.
B. Lembar pengantar dan lembar disposisi.
C. Buku agenda dan buku ekspedisi.
D. Filing cabinet dan folder.
E. Perforator, stapler dan stempel/cap.
Jawaban: E
Baca Juga: 25 Contoh Soal PPPK Pengadministrasi Perkantoran dan Jawabannya
16. Jika anggaran operasional yang tersedia terbatas, apa yang harus dilakukan penata layanan operasional?
A. Mengurangi standar layanan publik yang diberikan
B. Mengoptimalkan penggunaan anggaran agar tetap memenuhi kebutuhan operasional
C. Mengabaikan keterbatasan anggaran dan tetap menjalankan semua program
D. Menunda semua kegiatan operasional hingga anggaran ditambah
Jawaban: B
17. Sebagai Operator Layanan Operasional, pemahaman dan penerapan nilai-nilai administratif sangat penting dalam menjalankan tugas sehari-hari. Nilai administratif mencakup berbagai prinsip dan standar yang menjadi pedoman dalam mengelola dan mengorganisir berbagai aspek operasional di lingkungan kerja. Dengan menerapkan nilai-nilai administratif tersebut, dapat berkomitmen untuk mendukung terciptanya lingkungan kerja yang produktif, teratur, dan terpercaya. Sebagai Operator Layanan Operasional, nilai-nilai ini menjadi dasar dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil, guna mendukung tercapainya tujuan instansi secara keseluruhan. Pernyataan yang tepat mengenai nilai administratif adalah ....
A. nilai yang diberikan kepada pemberi arsip.
B. nilai yang dimiliki arsip dari pencipta arsip.
C. nilai penuh dalam kegiatan administratif.
D. nilai sementara pada sebuah arsip.
E. nilai ekonomis arsip itu sendiri.
Jawaban: B
18. Seorang Operator Layanan Operasional menemukan bahwa ada banyak keluhan tentang kesalahan penagihan. Langkah yang tepat untuk menangani masalah ini adalah
A. Mengabaikan keluhan dan meneruskan penagihan.
B. Meninjau dan memverifikasi sistem penagihan untuk menemukan kesalahan.
C. Menyuruh pelanggan untuk memeriksa laporan bank mereka sendiri.
D. Menurunkan tarif layanan secara acak.
E. Mengirimkan permintaan maaf tanpa memperbaiki masalah.
Jawaban: B
19. Daftar berkas paling sedikit memuat informasi tentang hal berikut ini, kecuali ....
A. Unit pengolah.
B. Nomor berkas.
C. Kode klasifikasi.
D. Tujuan.
E. Uraian informasi berkas.
Jawaban: D
20. Kegiatan menyusun kode menurut urutan Abjad dari nama atau judul yang sudah diindeks disebut ...
A. Unit.
B. Mengkode.
C. Mengabjad.
D. Caption.
E. Wilayah.
Jawaban: C
21. Sistem operasi mengalami kerusakan setelah instalasi pembaruan yang gagal. Langkah apa yang sebaiknya diambil?
A. Menghubungi teknisi.
B. Menghapus pembaruan.
C. Melakukan sistem restore.
D. Menginstal ulang sistem operasi.
E. Menjalankan perangkat lunak diagnostic.
Jawaban: C
22. Prosedur pengurusan surat keluar yang benar adalah....
A. Buat konsep-persetujuan konsep-agenda-ketik-tanda tangan-beri cap-lipat-sampul-kirim.
B. Buat konsep-agenda-ketik-tanda tangan-sampul-kirim.
C. Buat konsep-persetujuan konsep-agenda-ketik-tanda tangan-capsampul-kirim.
D. Buat konsep-persetujuan konsep-ketik-agenda-tanda tangan-capsampul-kirim.
E. Buat konsep dengan computer-persetujuan-tanda tangan-capsampul-kirim.
Jawaban: A
23. Sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan hari, tanggal, bulan dan tahun, disebut sistem ....
A. Alfabeti.
B. Geografis.
C. Numeric.
D. Kronologis.
E. Subjek.
Jawaban: D
24. Memutar film dan video dalam kecepatan normal sekurang kurangnya 6 bulan sekali, merupakan langkah pemeliharaan dari ...
A. Arsip rekaman gambar.
B. Arsip rekaman suara.
C. Arsip moving audio visual.
D. Arsip elektronik.
E. Arsip suara dan elektronik.
Jawaban: C
25. Arsip yang disimpan dengan sistem nomor terminal digit, diambil dari.....
A. Nomor surat.
B. Nomor di buku agenda.
C. Nomor di buku verbal.
D. Nomor di buku arsip.
E. Nomor urut penyimpanan arsip.
Jawaban: E
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: 30 Contoh Soal PPPK Guru SD 2023, Lengkap dengan Kunci Jawabannya