Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal UAS UT PGSD semester 1, lengkap dengan jawabannya.
Soal-soal ini dapat dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa yang mengambil juruan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Ujian Akhir Semester atau UAS merupakan kegiatan akademis yang dilakukan untuk pengujian materi yang telah diberikan untuk mahasiswa dalam jangka waktu satu semester.
Namun perlu diingat, ini hanya contoh soal UAS UT PGSD semester 1 dan sangat mungkin berbeda dengan soal UAS UT PGSD semester 1 yang aslinya.
Tak perlu berlama-lama, berikut 40 contoh soal UAS UT PGSD semester 1, lengkap dengan jawabannya.
Baca Juga: 25 Contoh Soal UAS Pengantar Bisnis Semester 1 UT, Beserta Jawabannya
1. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
B. tidak ditulis oleh guru yang mengajar
C. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
D. lebih bersifat bottom-up
Jawaban : C
2. Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. R Spiro
B. Brunner
C. Wittrock
D. Rogers
Jawaban : B
3. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
A. biaya asesmen alternatif lebih murah
B. waktu yang diperlukan lebih singkat
C. mampu mengukur proses dan hasil belajar
D. lebih mudah dalam pelaksanaannya
Jawaban : C
4. Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
A. umum
B. khusus
C. pendek
D. panjang
Jawaban : A
5. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
Jawaban : A
6. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
A. kriteria tertentu
B. kebijakan guru
C. keinginan siswa
D. kebijakan sekolah
Jawaban : A
7. Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio
A. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
B. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
C. mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
D. memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa
Jawaban : B
8. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....
A. mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
B. menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
C. meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
D. meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian
Jawaban : C
9. Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...
A. guru dengan kepala sekolah
B. guru dengan siswa.
C. siswa dengan kepala sekolah
D. siswa dengan siswa lain
Jawaban : B
10. Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....
A. mengajukan pertanyaan
B. menjawab pertanyaan
C. memperhatikan uraian guru dengan baik
D. mengerjakan soal-soal yang diberikan
Jawaban : C
11. Berikut adalah kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru, kecuali ….
A. Guru harus percaya pada diri sendiri
B. Memiliki sifat toleransi dan tenggang rasa
C. Guru harus berwibawa dan berakhlak mulia
D. Memiliki sifat apriori
Jawaban: D
12. Di bawah ini adalah yang bukan ciri-ciri yang menggambarkan suatu profesi, kecuali ….
A. Memiliki keahlian khusus
B. Tidak ada sistem imbalan
C. Melayani kepentingan masyarkat
D. Memiliki standar kerja baku dan jelas
Jawaban: B
13. Guru diharapkan dapat menjadi seorang motivator dan inovator dalam pembangunan pendidikan dengan memahami dunia dan lingkungan sekitarnya. Tugas tersebut merupakan kaitan fungsi kompetensi sosial guru dengan ….
A. Sosial guru dengan kompetensi guru
B. Sosial guru dengan ruang lingkup kebribadian guru
C. Ruang lingkup kepribadian guru dengan kepribadian guru
D. Sosial guru dengan kepribadian guru
Jawaban: C
14. Definisi kompetensi kepribadian guru sebagai seorang pendidik mengacu pada ….
A. Sikapnya yang luhur
B. Mengabdi tanpa pamrih
C. Perilaku yang dapat dipercaya dan diteladani
D. Tugasnya sebagai penyampai nilai luhur masyarakat
Jawaban: C
15. Berikut ini adalah komptensi sosial guru menurut Cece Wijaya, kecuali ….
A. Bersikap ramah kepada semua orang
B. Tidak bisa mengendalikan emosi
C. Bisa bersikap simpatik kepada sesama
D. Tidak peduli dengan orang lain
Jawaban: C
16. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A. seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. bakat
Jawaban : B
17. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
A. melengkapi pilihan
B. hubungan antar hal
C. membaca diagram.
D. melengkapi berganda
Jawaban : C
18. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
A. mudah melakukan koreksi
B. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C. sulit dalam penyusunan butir soal
D. tidak dapat digunakan untuk menggali ide
Jawaban : A
19. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….
A. mengingat
B. memahami
C. menerapkan
D. menganalisis
Jawaban : D
20. Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.
Butir soal tersebut ….
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Jawaban : C
Baca Juga: 25 Contoh Soal Teori Belajar Gagne PPPK Guru, beserta Jawabannya
21. Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....
A. kekurangan yang ada pada diri siswa
B. kelebihan yang ada pada diri siswa
C. kekurangan dan kelebihan siswa
D. cita-cita para siswa
Jawaban : C
22. Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
A. pengamatan langsung
B. wawancara
C. angket
D. kuesioner
Jawaban : A
23. Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….
A. mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
B. mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
C. menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
D. menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah
Jawaban : C
24. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
A. tes uraian bebas
B. tes uraian terbatas
C. yang sederhana
D. yang sangat kompleks
Jawaban : B
25. Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah ....
A. nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lain
B. pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa
C. lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan II
D. berpegang pada pedoman penskoran
Jawaban : A
26. Dari 30 butir soal tes objektif, Sila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidakmenggunakan formula tebakan, maka nilai Sila adalah ....
A. 24.00
B. 60,00
C. 70,00
D. 80,00
Jawaban : D
27. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A. seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. bakat
Jawaban : B
28. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
A. melengkapi pilihan
B. hubungan antar hal
C. membaca diagram.
D. melengkapi berganda
Jawaban : C
29. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
A. mudah melakukan koreksi
B. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C. sulit dalam penyusunan butir soal
D. tidak dapat digunakan untuk menggali ide
Jawaban : A
30. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….
A. mengingat
B. memahami
C. menerapkan
D. menganalisis
Jawaban : D
31. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
Jawaban : A
32. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....
A. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
B. hindari pengulangan kata pada pokok soal
C. satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
D. satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
Jawaban : D
33. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
A. penentuan alokasi waktu
B. penentuan pokok bahasan
C. penentuan indikator/tujuan
D. pendiatribusian butir soal
Jawaban : C
34. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
B. tidak ditulis oleh guru yang mengajar
C. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
D. lebih bersifat bottom-up
Jawaban : C
35. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
Jawaban : B
36. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....
A. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
B. terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
C. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
D. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat
Jawaban : C
37. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A. seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. bakat
Jawaban : B
38. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
A. melengkapi pilihan
B. hubungan antar hal
C. membaca diagram.
D. melengkapi berganda
Jawaban : C
39. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
A. mudah melakukan koreksi
B. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C. sulit dalam penyusunan butir soal
D. tidak dapat digunakan untuk menggali ide
Jawaban : A
40. Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....
A. 10,77
B. 77,77
C. 80,77
D. 90,77
Jawaban : B
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: 30 Contoh Soal Memproses Dokumen Sesuai Dengan Prosedur untuk Tertib Administrasi PPPK 2024