3 Contoh Narasi Raport TK/PAUD Kurikulum Merdeka Semester 2

5 Juni 2024 11:06 WIB
Contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka semester 2.
Contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka semester 2. ( Pixabay)

Sonora.ID - Contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka semester 2 dapat digunakan sebagai referensi pengisian raport semester genap ini.

Lewat narasi raport TK Kurikulum Merdeka semester 2, bapak/ibu guru akan menyampaikan kemajuan belajar anak sehingga para orang tua mengetahui perkembangan anaknya.

Narasi raport TK Kurikulum Merdeka semester 2 terdiri atas tiga komponen, yakni capaian pembelajaran nilai agama dan budi pekerti; jati diri; dasar-dasar literasi, matematika, teknologi, dan seni; serta profil Pancasila.

Berikut ini 3 contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka semester 2 dikutip dari berbagai sumber.

Contoh 1

1. Nilai Agama dan Budi Pekerti

Alhamdulillah Ari pada akhir semester 2 di TK B ini menunjukkan perilaku melaksanakan kegiatan ibadah shalat dengan disiplin.

Ia juga menunjukkan kemampuan mengenal ajaran pokok agamanya, yang ditunjukkan dengan mampu menyebutkan sifat-sifat Tuhan dan simbol-simbol yang merefleksikan ajaran agama Islam seperti masjid, kitab suci Al Qur'an, dan kisah teladan nabi.

Ari juga menunjukkan perilaku sayang kepada tanaman di sekolah, serta ikut terlibat dalam menjaga kebersihan kelas. Di kelas I SD nanti, pendidik dan orang tua dapat melanjutkan pembelajaran tentang nilai dan ajaran agamanya, ia dapat dikenalkan dengan huruf-huruf hijaiyah.

Baca Juga: Contoh Narasi Rapor TK Usia 4-5 Tahun Singkat dan Penuh Motivasi

2. Jati Diri

Sepanjang semester ini, Ari bersedia terlibat dalam kegiatan membersihkan diri, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Ia juga mau mencoba beragam jenis makanan bergizi, seperti sayur-sayuran dan mencicipi buah yang baru dikenalnya.

Kami juga memperhatikan bahwa Ari mampu mengenali emosi yang ia rasakan, juga emosi orang-orang terdekatnya melalui identifikasi emosi yang dirasakan, serta ekspresi wajah. Suatu kali, Ari menawarkan mainan kepada teman yang sedang sedih dan menangis agar terhibur.

Di kelas TK B nanti, Ari akan belajar lebih banyak tentang strategi sederhana untuk meregulasi emosi. Ari juga akan belajar mengembangkan gambaran positif mengenai dirinya agar terbangun rasa percaya diri. Hal-hal ini akan kami pelajari melalui cerita dan kegiatan bermain peran.

Di rumah, orang tua dapat bercerita tentang strategi yang digunakan Ayah dan Ibu untuk meredakan rasa marah, serta menawarkan Ari untuk mencobanya ketika sedang marah.

Ayah dan Ibu juga dapat memberikan pujian yang bermakna ketika Ari menunjukkan keterampilan baru yang telah ia kuasai.

3. Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni

Dalam semester ini Ari sudah dapat menyimak dan menanggapi orang lain dalam berbagai konteks. Ia dapat merespons dengan tepat dan terlibat dalam percakapan dua arah.

Ia suka bercerita mengenai isi buku yang ia dengar atau film yang ditontonnya. Ari memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia banyak mengajukan pertanyaan mengenai suatu peristiwa atau kejadian. Ari juga sudah dapat memprediksi dan melanjutkan pola urutan berupa gambar.

Suatu kali, Ari membuat kalung untuk ibu dari manik-manik bergambar. Kalung yang dibuatnya menunjukkan pola A-B-A-B dengan teratur.

Di TK B nanti, kami akan mengajak Ari melakukan lebih banyak eksperimen, serta kegiatan seni yang beragam sehingga kemampuannya membuat prediksi dan membuat kesimpulan sederhana dari hasil pengamatan percobaan akan terus berkembang.

Kami juga berharap Ari senang mengikuti kegiatan seni yang beragam. Di rumah, Ayah dan Ibu mengajak Ari berkegiatan di dapur dan mencoba mengamati perubahan benda dan bahan yang terjadi di dapur.

Ayah dan Ibu juga dapat mengajak Ari berkegiatan seni bersama, seperti bernyanyi, menggambar, atau membuat kriya bersama.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jati Diri

Semester ini Ari melakukan projek memilah sampah yang harapannya mampu membangun dua dimensi profil pelajar Pancasila, yakni bergotong royong dan bernalar kritis.

Melalui projek ini, diharapkan anak tanggap terhadap lingkungan sosial, mampu bekerja sama, memenuhi rasa ingin tahunya dengan bertanya, serta memperoleh dan mengolah informasi.

Saat melaksanakan kegiatan projek, Ari dapat mengenali kebutuhan bersama dan bekerja sama dalam melakukan kegiatan projek. Tampak saat Ari membawa limbah kulit buah dari rumah dan bersama teman-teman memotongnya untuk dijadikan bahan eco enzyme.

Ari juga dapat memenuhi rasa ingin tahunya melalui bertanya dan memberikan informasi kepada teman-temannya.

Tampak saat Ari menanyakan cara membuat eco enzyme lalu membuatnya bersama teman-temannya. Ari juga membantu menjelaskan cara membuat eco enzyme setelah melihat poster.

Baca Juga: 15 Soal Anak TK B Semester 2 dan Kunci Jawaban untuk Bahan Belajar

Contoh 2

1. Nilai Agama dan Budi Pekerti

Pada akhir semester 2 di TK B, Dinda dapat menunjukkan perilaku baik sesuai dengan nilai agamanya dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, suka menolong teman, dan santun.

Kepeduliannya terhadap teman yang berbeda suku dan agama juga ditunjukkan dengan bermain bersama.

Dinda juga ikut terlibat menjaga kebersihan kelas di sekolah. Di jenjang pendidikan selanjutnya, guru dan orang tua dapat melanjutkan perilaku baik lewat praktik nilai dan ajaran agama sesuai usianya.

Di rumah, orang tua dapat membantu Dinda menerapkan kebiasaan beribadah dan mengucapkan doa bersama-sama dalam kegiatan sehari-hari.

2. Jati Diri

Dinda mampu menjaga kebersihan diri. Ia dapat mengikuti aktivitas fisik di pagi hari meskipun kadang tampak kurang bersemangat saat datang terlambat.

Dinda juga mengenali emosi dirinya dan orang lain. Ia sering mengucapkan "aku harus sabar" untuk membantunya menenangkan diri.

Rasa percaya diri Dinda juga terlihat ketika dirinya berbagi cerita di depan kelas.

Ia tidak malu meminta bantuan teman dan guru untuk membukakan makanannya.

3. Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni

Dinda terlihat mampu menulis nama diri, nama beberapa teman, dan beberapa kata yang digunakan sehari-hari.

Ia juga mampu menceritakan dan mengurutkan kegiatannya sehari-sehari di depan kelas mulai dari bangun pagi, mandi, makan, hingga berangkat ke sekolah sambal diantar ibu.

Ia mampu menceritakan dan mengurutkan kegiatannya sehari-sehari di depan kelas mulai dari bangun, mandi, makan, dan berangkat sekolah sambil diantar ibu.

Di kelas saat ada kegiatan merangkai pola garis-garis, Dinda bisa menyatukannya sehingga menjadi bentuk gambar yang utuh.

Ananda juga mulai mengenal konsep hitungan angka 1-20 dan dapat mengelompokkan benda sesuai bentuk dan ukurannya.

4. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dinda ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan di peringatan Hari Kartini April lalu.

Ia mengenakan baju adat dan tampak aktif bertanya teman-teman sebaya soal baju adat yang dikenakan. Rasa ingin tahu dan kepercayaan diri Dinda sangat tinggi.

Ananda juga sangat aktif dan bersemangat saat praktik menyanyi dan menari lagu daerah.

Contoh 3

1. Nilai Agama dan Budi Pekerti

Alhamdulillah Lulu pada akhir semester 2 di TKB ini melaksanakan ibadah salat dengan rajin dan disiplin. Dalam sehari-hari, Lulu dapat menerapkan perilaku baik seperti berbicara jujur, santun, dan suka menolong teman.

Lulu tidak membeda-bedakan teman yang berbeda keyakinan bahkan ia mengajak teman tersebut bermain bersama. Di kelas 1 SD nanti, guru dan orang tua bisa menerapkan nilai agama yang lebih kompleks dan mulai mengenalkannya ke huruf-huruf hijaiyah.

2. Jati Diri

Lulu menunjukkan kemampuan menjaga kebersihan diri dengan menjaga pola makan seperti memperbanyak buah dan sayuran serta mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Lulu juga mengikuti aktivitas fisik di pagi hari seperti senam pagi untuk menjaga kebugaran tubuh.

Lulu juga pandai mengenali emosi dalam dirinya seperti mau mengalah ketika bergantian mainan dengan siswi lain. Ia sering berkata kepada dirinya “aku harus sabar” untuk membantunya menenangkan diri.

3. Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni

Lulu sudah bisa memahami gambar atau simbol termasuk angka dan huruf. Ia bisa membaca kata sederhana dan mengenal konsep hitungan angka 1-15.

Lulu juga mampu membedakan macam warna dan rasa. Saat ada kegiatan mewarnai, Lulu bisa mewarnai beberapa gambar buah dan sayur sesuai dengan warna aslinya.

Ananda juga merespons dengan tepat saat terlibat percakapan dengan teman ataupun saat guru bertanya.

4. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Lulu berperan aktif dalam pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada Agustus lalu. Ia mengikuti lomba balap karung dan makan kerupuk dengan semangat dan ceria.

Lulu bahkan tak malu-malu saat mengikuti pentas seni dan karnaval budaya dengan mengenakan baju adat Jawa.

Demikian 3 contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka semester 2 sebagai referensi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm