20 Contoh Soal FR UKPPPG PGSD Piloting 3 Lengkap dengan Kunci Jawaban

7 November 2024 11:00 WIB
20 Contoh Soal FR UKPPPG PGSD Piloting 3 Lengkap dengan Kunci Jawaban
20 Contoh Soal FR UKPPPG PGSD Piloting 3 Lengkap dengan Kunci Jawaban ( Pixabay)

Sonora.ID - Simak FR soal UKPPPG PGSD Piloting 3 yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

FR (Frequently Repeated) menjadi salah satu soal yang kerap muncul dalam try out UKPPPG dari tahun ke tahun.

Oleh sebab itu, contoh soal FR UKPPPG berikut ini bisa dijadikan sebagai persiapan menghadapi Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru PGSD Piloting 2024.

Berikut ini Sonora.ID melansir beberapa soal UKPPPG PGSD Piloting 3 yang dilengkapi dengan kunci jawabannya:

1. Capaian Pembelajaran (CP) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada elemen UUD NRI Tahun 1945, Fase C kelas V, yaitu mengidentifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai peserta didik, anggota keluarga, dan bagian dari masyarakat. Berdasarkan CP tersebut, tujuan pembelajaran yang paling tepat pada ranah afektif adalah .....

 

A. melalui kegiatan pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat menyajikan hasil telaah tentang norma yang berlaku di masyarakat

B. melalui model value clarification technique, peserta didik dapat menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan norma yang berlaku di masyarakat*

C. melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyebutkan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat tinggal

D. melalui model pembelajaran berbasis masalah peserta didik dapat menelaah macam- macam norma dan sanksinya

 

E. melalui pembelajaran berbasis proyek peserta didik dapat menyajikan laporan hasil pengamatan pelaksanaan norma di masyarakat

Jawaban: B
 
2. Seorang guru kelas II SD sedang merancang materi pembelajaran tentang penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan.

Peserta didik kelas II SD berada pada tahap pra operasional akhir, oleh karena itu cara paling efektif untuk mengajarkan penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan adalah melalui .....

A. penulisan esai tentang pengalaman pribadi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

B. penyusunan laporan tentang hasil pengamatan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

C. diskusi mendalam tentang konsep-konsep abstrak dari nilai-nilai Pancasila

D. analisis peristiwa yang merupakan penyimpangan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

E. cerita bergambar yang menekankan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di masyarakat*

Jawaban: E

3. Salah satu elemen fase B yakni "Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan". Rumusan tujuan pembelajaran yang tepat yakni …

A. diberikan daftar barang-barang maupun aktivitas dalam kehidupan, peserta didik kelas III dapat memilih mana barang yang merupakan kebutuhan dan mana barang yang merupakan keinginan.*

B. diberikan daftar barang, peserta didik mampu menyebutkan barang barang yang dibutuhkan sebagai seorang pelajar.

C. diberikan lembar kerja, peserta didik mampu membuat pertanyaan pertanyaan tentang apa saja kebutuhan mereka.

D. dengan menonton video tentang upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup, peserta didik mampu menyebutkan apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

E. diberikan grafik tentang kecenderungan kebutuhan dan keinginan manusia, peserta didik mampu menganalisis kecenderungan apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh manusia.

Jawaban: A

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 2 PPG, Post Test PSE 3, Pembelajaran Sosial Emosional, Latihan Pemahaman

4. Bu Ani guru SD Nusantara yang memiliki peserta didik yang sangat beragam. Metode asesmen yang paling sesuai yang bisa diterapkan Ibu Ani untuk mengevaluasi pemahaman konsep peserta didik secara individual dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah …

A. penilaian diri yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik

B. portofolio yang meliputi berbagai tugas dari peserta didik

C. ujian tertulis dengan soal pilihan ganda*

D. penilaian teman sejawat yang dilakukan di dalam kelas

E. pengamatan perilaku dari peserta didik yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas

Jawaban: C

5. Tujuan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SD adalah peserta didik dapat mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia. Media yang kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah ....

A. gambar yang menunjukkan tarian adat daerah yang menunjukkan kekayaan Indonesia

B. buku cerita tentang tarian daerah yang menunjukkan keberagaman budaya Indonesia

C. poster yang menunjukkan gambaran tentang keragaman budaya di Indonesia

D. presentasi yang menjelaskan tentang keragaman budaya di Indonesia

E. Augmented Reality (AR) yang menampilkan keanekaragaman budaya di Indonesia*

Jawaban: E

6. Bu Esty adalah guru SD kelas IV. Lingkungan sekolah tempat Bu Esty mengajar adalah pasar dengan mayoritas pekerjaan orang tua adalah pedagang. Pada pertemuan yang akan datang, Bu Esty mengajak peserta didiknya belajar materi operasi hitung bilangan bulat. Desain pembelajaran yang dilakukan Bu Esty yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik adalah ....

A. menjelaskan cara menghitung penjumlahan dua bilangan bulat, kemudian meminta semua peserta didiknya mengerjakan soal latihan

B. mengajak peserta didik belajar di luar mengamati pasar dan meminta peserta didik mendata banyaknya jenis dagangan yang dijual di pasar

C. menampilkan slide presentasi contoh menghitung operasi hitung penjumlahan dua bilangan bulat

D. mengajak peserta didik bermain peran sebagai pembeli dan pedagang dengan menggunakan uang mainan untuk menentukan uang kembali dari proses jual beli*

E. mengajak peserta didiknya melihat tayangan video cara menentukan operasi hitung pengurangan dua bilangan bulat

Jawaban: D

7. Bu Santi sedang mendesain pembelajaran menyimak teks narasi untuk kelas IV. Capaian pembelajaran yang ingin dicapai yaitu peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Di awal pembelajaran, guru mengungkapkan pertanyaan pemantik tentang "tugas harian yang biasanya dilakukan di rumah." Pertanyaan pemantik ini digunakan sebagai pengantar cerita yang akan dibacakan guru.

Guru memberikan lembar kerja peserta didik yang berisi pertanyaan seputar informasi dalam cerita.

Setelah itu, guru membacakan teks narasi yang berkaitan dengan pekerjaan harian rumah. 

Peserta didik menyimak cerita sambil mencatat hal-hal penting untuk menjawab pertanyaan.

Kemudian, peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara mandiri.

Aktivitas belajar apakah yang dapat dilakukan peserta didik setelah menjawab pertanyaan?

A. Mendiskusikan dan mengoreksi jawaban peserta didik dengan kunci jawaban guru secara klasikal.*

B. Menganalisis unsur intrinsik dalam cerita untuk menambah jawaban di lembar jawab peserta didik.

C. Mengaitkan isi cerita dengan pengalaman pribadi terkait tugas harian yang dilakukan peserta didik.

D. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk memeroleh umpan balik dari peserta didik dan guru.

E. Membuat slogan tentang pentingnya kebiasaan membantu pekerjaan orang tua di rumah setiap hari.

Jawaban: A

8. Pak Nino guru SD kelas I memberikan pilihan tugas kepada peserta didik untuk membuat proyek akhir tentang mengenal lambang negara.

Pak Nino memfasilitasi pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dari peserta didiknya. Bentuk penugasan yang sesuai untuk peserta didiknya adalah...

A. tugas menggambar lambang negara bagi peserta didik yang bergaya belajar visual*

B. tugas menggambar lambang negara bagi peserta didik yang bergaya belajar kinestetik

C. tugas menggambar lambang negara bagi peserta didik yang bergaya belajar auditori

D. tugas menggambar lambang negara bagi peserta didik yang bergaya belajar verbal

E. tugas menggambar lambang negara bagi peserta didik yang bergaya belajar non verbal

Jawaban: A

9. Bu Vera akan mengajarkan kompetensi menjelaskan cara menjaga organ tubuh dengan benar.

Bu Vera ingin Vera ingin menerapkan penggunaan teknologi agar siswa lebih mudah memahami materi.

Teknologi yang efektif digunakan Bu Vera untuk mencapai tujuan pembelajarannya adalah…

A. memberikan materi dalam bentuk audio tentang gangguan pernafasan pada manusia

B. meminta siswa menyampaikan informasi organ pernafasan dalam bentuk audio

C. menyiapkan aplikasi kuis daring interaktif untuk mengetahui pemahaman siswa tentang gangguan organ pernafasan

D. menyediakan video animasi tentang cara merawat organ pernafasan manusia dengan baik*

E. menyiapkan video pembelajaran tentang jenis organ pernafasan pada manusia

Jawaban: D

10. Bu Dewi akan memberikan materi tentang tumbuhan kepada peserta didik kelas V SD.

Beberapa peserta didik memiliki latar belakang pertanian, sementara yang lain lebih akrab dengan tumbuhan hias.

Cara Bu Dewi menyajikan materi tentang tumbuhan supaya dapat menarik perhatian kedua kelompok peserta didik tersebut adalah

A. fokus hanya pada tumbuhan pertanian

B. memberikan penjelasan tentang tumbuhan dan beragam klasifikasinya

C. menyajikan informasi tentang tumbuhan hias saja

D. mengaitkan konsep tumbuhan dan perannya dalam pertanian dan tumbuhan hias*

E. menyuruh peserta didik untuk memilih topik tumbuhan yang ingin dipelajari

Jawaban: D

Baca Juga: Contoh LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah PPG PGSD Tahun 2023 Lengkap!

11. Seorang guru merancang langkah pembelajaran untuk kelas IV. Tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat dan jelas. Berikut langkah pembelajaran yang dirancang guru tersebut:

1) Peserta didik mengamati gambar rambu lalu lintas yang ditayangkan guru.

2) Peserta didik membaca cerita yang berkaitan dengan rambu lalu lintas. Kalimat dalam cerita memuat petunjuk arah.

3) Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan tentang identifikasi petunjuk arah yang ada dalam cerita secara klasikal.

4) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas di LKPD.

5) Peserta didik mengamati denah seorang tokoh menuju ke sekolahnya.

6) Peserta didik mendeskripsikan denah itu menggunakan kata yang merujuk pada petunjuk arah.

7) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

Untuk mengembangkan kreativitas peserta didik, langkah pembelajaran apakah yang perlu ditambahkan?

A. Pada awal pembelajaran, peserta didik diminta untuk membuat peta konsep tentang kosakata petunjuk arah.

B. Setelah membaca cerita, peserta didik mengerjakan pertanyaan seputar isi cerita di lembar kerja peserta didik.

C. Sebelum mempresentasikan hasil diskusi, peserta didik menghafalkan deskripsi jawaban yang ditulis di lembar kerja.

D. Pada akhir pembelajaran, peserta didik diminta untuk membuat denah sederhana tentang sekolah dan lingkungan sekitar.*

E. Kegiatan lanjutan setelah mempresentasikan, peserta didik mengaitkan hal-hal penting dalam denah dengan kehidupan sehari-hari.

Jawaban: D

12. Pak Kevin sedang mendampingi peserta didik kelas Il belajar untuk elemen memirsa.

Tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu memahami informasi dari tayangan tentang kebiasaan membuang sampah.

Setelah menyimak tayangan tersebut, peserta didik diminta untuk menulis kata kunci dengan bantuan pengatur grafis sederhana.

Sebagian besar peserta didik kesulitan menemukan kata kunci terkait topik. Berdasarkan situasi tersebut, rekomendasi yang tepat dari guru untuk peserta didik adalah...

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (V)! Jawaban benar bisa lebih dari satu.

A. memberikan pujian terhadap peserta didik yang berhasil

B. memberi penguatan tentang cara menemukan kata kunci*

C. menyampaikan dukungan agar peserta didik tidak kesulitan

D. melatih peserta didik memahami informasi dengan urutan langkah

E. mengganti topik lingkungan dengan topik lain agar peserta didik paham

Jawaban: B

13. Dalam konteks pembelajaran matematika, guru dapat mengidentifikasi strategi pengajaran yang efektif untuk mendukung pengembangan kemampuan numerasi peserta didik.

Guru dapat merancang pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan numerasi secara optimal.

Terdapat cara belajar yang efektif untuk mengembangkan kemampuan numerasi peserta didik di mata pelajaran matematika, yaitu …

Pilihlah strategi yang efektif dengan memberi tanda centang (V)! Jawaban benar bisa lebih dari satu.

A. mengabaikan kesulitan peserta didik dalam memahami konsep numerasi

B. membatasi variasi soal numerasi yang diberikan kepada peserta didik

C. menggunakan strategi dan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik*

D. meminimalisir perhatian terhadap kondisi dan kebutuhan peserta didik

E. menggunakan berbagai sumber belajar kontekstual tentang numerasi*

Jawaban: C dan E

14. Raja adalah peserta didik SD yang selalu memiliki rasa takut akan gagal dalam melakukan semua aktivitas akademik, dia selalu ingin menjadi yang terbaik. Hal tersebut menjadikannya tidak fokus.

Saat pembelajaran menulis teks eksposisi pun demikian. Raja menjadi tidak percaya diri dan sulit untuk menuangkan idenya.

Langkah berikut yang tepat dilakukan oleh guru untuk membangkitkan motivasi Raja adalah ......

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang sesuai!

- menjelaskan pengertian dan jenis teks eksposisi serta memberikan contohnya (Salah)

- memberikan contoh cara mencari informasi yang akurat untuk memperkuat ide tulisan (Benar)

- memberikan tautan terkait contoh beserta struktur dan langkah-langkah membuat teks eksposisi (Benar)

- memberikan penugasan untuk menganalisis beragam teks ekposisi (Salah)

- membuat jurnal kegiatan mengenai proses menulis teks ekposisi (Salah)

15. Bu Rini memiliki peserta didik dengan gaya belajar visual dan kinestetik.

Agung menyukai belajar melalui visualisasi grafis, sedangkan Beni belajar lebih efektif dengan melakukan percobaan langsung.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan Bu Rini dalam merancang pembelajaran IPA yang sesuai untuk kedua peserta didik tersebut, yaitu

Pilihlah jawaban cara yang benar dengan memberi tanda centang (V)! Jawaban benar bisa lebih dari satu.

A. strategi belajar peserta didik menggunakan metode yang melibatkan peserta didik.

B. membentuk satu kelompok belajar berdasarkan gaya belajar terbanyak.

C. mengintegrasikan visualisasi grafis dan percobaan langsung dalam pembelajaran.*

D. memberikan penjelasan lisan kepada kedua peserta didik tersebut.

E. membentuk satu kelompok belajar berdasarkan gaya belajar peserta didik.*

Jawaban: C dan E

Baca Juga: Kunci Jawaban Try Out PPG Piloting 3 2024 Paling Lengkap

16. Pada pembelajaran pendidikan Pancasila, guru akan mengajarkan materi tentang Keragaman Suku di Indonesia. Langkah awal yang dilakukan guru tersebut adalah menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Langkah selanjutnya yang bisa diterapkan guru dalam rangka mengimplementasi pembelajaran dengan prinsip Understanding by Design (UbD) adalah...

A. merancang asesmen pembelajaran*

B. menyusun bahan ajar yang akan digunakan

C. membuat media pembelajaran yang relevan

D. merancang kegiatan pembelajaran

E. menyusun Lembar Kerja Peserta Didik

Jawaban: A

17. Pada kegiatan inti pembelajaran pembelajaran matematika di SD, seorang guru memberikan masalah pada peserta didiknya sebagai berikut: "Dari sekian banyak konsep geometri yang kalian ketahui, tuliskan bangun-bangun geometri yang tersusun atas 4 titik sudut!".

Guru tersebut menganalisis hasil pekerjaan peserta didik menggunakan empat komponen, yaitu kelancaraan (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration).

Kegiatan inti yang dilakukan guru merupakan aktivitas yang memfasilitasi peserta didik dalam....

A. kreatif matematis*

B. berpikir konvergen

C. komunikasi matematis

D. reflektif matematis

E. algoritmis matematis

Jawaban: A

18. Guru sedang membelajarkan tentang upaya melestarikan kebudayaan. Untuk menentukan apakah peserta didik sudah memahami cara melestarikan kebudayaan, maka guru akan melakukan asesmen dengan teknik tes tertulis bentuknya uraian. Pertanyaan yang tepat dibuat oleh guru yakni ...

A. "Jelaskan upaya apa saja untuk melestarikan kebudayaan!" *

B. "Sebutkan cara yang tepat melestarikan kebudayaan!"

C. "Buatlah satu gagasan baik untuk melestarikan kebudayaan!"

D. "Apa saja cara yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan kebudayaan?"

E. "Bagaimana kamu mengidentifikasi kebudayaan yang perlu dilestarikan?"

Jawaban: A

19. Hasil dari asesmen diagnostik tentang gaya belajar peserta didik diperoleh kelompok peserta didik yang auditori dan kelompok peserta didik visual.

Berdasarkan kondisi tersebut maka rancangan konten pembelajaran yang sesuai yakni

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (v)!

Jawaban benar bisa lebih dari satu.

A. guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang relevan

B. guru membuat materi ajar berupa tautan yang berisi rekaman suara

C. mengutamakan materi belajar dalam format audio visual*

D. memilih media pembelajaran yang menggunakan teknologi seperti melibatkan aplikasi streaming video*

E. menggunakan sumber belajar berupa video, bacaan, dan gambar yang relevan dengan tema

Jawaban: C dan D

20. Pak Leo seorang guru kelas 3 di SD Hasanudin akan memberi materi tentang penerapan nilai Pancasila di lingkungan keluarga. Tujuan pembelajaran untuk mengembangkan ranah sikap yang dirumuskan Pak Leo adalah adalah ...

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (v)! Jawaban benar bisa lebih dari satu.

A. melalui diskusi kelompok tentang penerapan nilai Pancasila di lingkungan keluarga, peserta didik dapat menunjukkan sikap saling peduli dan kerja sama dengan anggota kelompoknya*

B. melalui model pembelajaran problem based learning, peserta didik dapat menjelaskan empat contoh penerapan nilai Pancasila di lingkungan keluarga

C. melalui LKPD tentang penerapan nilai Pancasila di lingkungan keluarga, peserta didik dapat menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugasnya*

D. peserta didik dapat membuat resume terkait penerapan nilai Pancasila di lingkungan keluarga dengan tepat melalui penelusuran materi di internet.

E. melalui model pembelajaran project based learning peserta didik dapat membuat poster tentang penerapan nilai Pancasila di lingkungan keluarga

Jawaban: A dan C

Baca Juga: 20 Contoh Soal Tryout PPG Piloting 2 Tahun 2024 dan Kunci Jawaban

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm